BERITA

  • SOSIALISASI BOS PUSAT TAHUN 2018  DENGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH (SIPKS)

    SOSIALISASI BOS PUSAT TAHUN 2018 DENGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH (SIPKS)

    Senin, 26 Maret 2018 Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul telah melaksanakan sosialisasi BOS 2018 bertempat di SMKN 2 Wonosari. Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Kasi Perencanaan yaitu Bp Sumarto, S.Pd., MM mewakili kepala Disdikpora Gunungkidul. Hari pertama sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh SMP Negeri se Kabupaten Gunungkidul, kemudian dilanjutkan untuk jenjang SMP Swasta, SD Negeri dan SD Swasta hingga tanggal 20 April 2018 mendatang.

    Bp Sumarto, S.Pd, MM menyatakan bahwa Kabupaten Gunungkidul merupakan Kabupaten pertama yang menggunakan aplikasi berbasis semi online dalam pengelolaan BOS Pusat yang terintegerasi dengan data Dapodik dengan menggunakan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah (SIPKS). Sebenarnya uji coba penggunaan aplikasi SIPKS ini telah dilaksanakan di tahun 2017 kemarin dan telah dikembangkan pada tahun 2018. Harapannya pengimplementasian SIPKS dapat mempermudah serta meningkatkan akuntabilitas para akuntan di sekolah dalam mengelola BOS. Selain itu juga sebagai controlling atas penganggaran yang telah tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) agar dialokasikan atau direalisasikan sesuai kebutuhan sekolah.

    Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah (SIPKS) akan terus dikembangkan seoptimal mungkin. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul siap menjadi tim Quality Control SIPKS, hingga SIPKS ini resmi dirilis untuk digunakan secara Nasional. Disdikpora GK sangat menjunjung tinggi akuntabilitas, kredibilitas, dan responsibilitas demi terwujudnya Good Government Governance salah satunya dengan cara pengimplementasian pengelolaan BOS dengan menggunakan aplikasi SIPKS.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks