BERITA

  • FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) ANTARA WORLD BANK DENGAN DISDIKPORA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

    FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) ANTARA WORLD BANK DENGAN DISDIKPORA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

    Senin, 21 Januari 2019 pukul 13.00 WIB, bertempat di Ruang Laboratorium Komputer / Subbag Perencanaan, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul bersama Tim The World Bank dari Bank Indonesia (BI) telah melaksanakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) terkait implementasi dari aplikasi RKAS dan EDS. Kegiatan ini dihadiri oleh Sumarto S.Pd., M.M. selaku Kasubbag Perencanaan dan Sudarno, S.Pd. selaku staf Subbag Perencanaan dari Disdikpora Gunungkidul. Kemudian turut hadir pula Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) D.I. Yogyakarta, Dr. Sarjilah, M.Pd., perwakilan dari The World Bank, bendahara dan kepala sekolah dari dua tamu undangan SMP serta tiga tamu undangan SD.

    Maksud dan tujuan FGD antara Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul dengan The World Bank ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang evaluasi diri sekolah, perencanaan sekolah, aplikasi e-RKAS dan perubahan perilaku.

    Sebelum memasuki acara utama, kegiatan ini dibuka dengan doa bersama dan perkenalan diri dari masing-masing peserta. FGD ini dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama berlangsung selama 30 menit yaitu membahas tentang penjaminan mutu pendidikan. Bagian kedua berlangsung selama 45 menit membahas tentang perencanaan sekolah. Kemudian bagian ketiga berlangsung selama 30 menit membahas tentang Aplikasi e-RKAS atau SIPKS. Lalu bagian keempat berlangsung selama 10 menit yang mendiskusikan tentang perubahan perilaku. Perubahan perilaku yang dimaksud ini adalah perubahan perilaku di sekolah maupun di tingkat Dinas Dikpora setelah penggunaan aplikasi e-RKAS.

    Sesi berjalan selama 2 jam dan diskusi berlangsung secara menarik. Peserta berpartisipasi aktif mengikuti alur topik yang ditentukan. Seluruh rangkaian pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan doa bersama.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks