BERITA

  • STUDI BANDING UPK KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS  KE SD NEGERI LEGUNDI II GUNUNGKIDUL TERKAIT PENGELOLAAN DANA BOS

    STUDI BANDING UPK KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS KE SD NEGERI LEGUNDI II GUNUNGKIDUL TERKAIT PENGELOLAAN DANA BOS

    Kamis, 24 Januari 2018 seluruh jajaran UPK Kembaran Kabupaten Banyumas telah berkunjung ke SD Negeri Legundi II Panggang dalam rangka melaksanakan kegiatan Studi Banding Pengelolaan Dana BOS. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan UPK Kembaran, para Bendahara dan Operator BOS jenjang sekolah dasar yang ada di wilayah Kembaran Banyumas, Kepala Korwilcam Panggang, Pengawas beserta tim manajemen BOS di tingkat Kecamatan Panggang dan perwakilan dari Tim Manajemen Kabupaten Gunungkidul.

    Pemaparan yang telah disampaikan oleh Saudara Arif Diyanto, S.Pd.I selaku operator SD Negeri Legundi II Panggang dan tim Quality Control Kabupaten sangat menginspirasi bagi teman – teman Bendahara Kembaran, Banyumas. Adanya semangat yang tinggi dalam pengelolaan Dana BOS mulai dari proses pengganggaran sampai pelaporan mampu menunjukkan akuntabilitas sekolah sehingga dinobatkan menjadi juara I Lomba Pengelolaan Dana BOS tingkat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul senantiasa memberikan pengarahan, pendampingan, pengendalian hingga proses evaluasi khususnya dalam Pengelolaan Dana BOS. Seperti halnya yang telah disampaikan oleh saudari Pratiwi Nurvita Rochmah, S.E. selaku perwakilan dari Tim Manajemen BOS tingkat Kabupaten menyatakan bahwa Pengelolaan Dana BOS yang akuntabel tidak terlepas dari alat bantu yakni SIPKS (Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah). Pengimplementasian SIPKS sejak tahun 2016 mampu meningkatkan validasi laporan penganggaran dana BOS hingga realisasi sekolah. Melalui SIPKS inilah Tim Manajemen BOS Kabupaten Gunungkidul mampu menyajikan laporan keuangan hingga menjadi salah satu rujukan tingkat Nasional.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks