BERITA

  • PELATIHAN DETEKSI PENGLIHATAN SISWA SD/MI KAB. GUNUNGKIDUL TAHUN 2019

    PELATIHAN DETEKSI PENGLIHATAN SISWA SD/MI KAB. GUNUNGKIDUL TAHUN 2019

    Selasa (12/02/2019) Bertempat di Kwarcab Gerakan Pramuka melaksanakan Pelatihan Deteksi Penglihatan siswa SD/MI. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan 2 hari yaitu pada tanggal 12-13 Februari 2019. Peserta pelatihan dibagi menjadi 2 gelombang yaitu pagi dan siang. Pelatihan ini diikuti 201 Guru Pembina UKS. Adapun kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memahami tindakan atau langkah awal yang harus dilakukan untuk menangani suatu kejadian yang dialami oleh siswa.

    Hadir dalam kegiatan ini Bp. Drs. Sudya Marsita, MM selaku Kepala Bidang Sekolah Dasar dan Ibu Suyamtinah, S.AP selaku Kasi Peserta didik dan Penilaian serta dr. Rastri Paramita dan dr. Mufida Dwi Nurhayati selaku pemateri dari RS Mata YAP Yogyakarta.

    Materi yang disampaikan sangatlah lengkap mulai dari bagian-bagian mata, kelainan mata dan cara menangani kelainan mata. dr. Rastri Paramita dan dr. Mufida Dwi Nurhayati juga menyampaikan bagaimana cara melakukan deteksi dini penglihatan pada siswa. Caranya yaitu dengan melakukan tes menggunakan Snellen Chart. Snellen Chart berfungsi untuk mengetahui tajam penglihatan seseorang. Untuk melakukan tes ini cukup menaruh snellen chart pada jarak 6 meter kemudian siswa melihat dengan mata tertutup 1 dimulai dari sebelah kiri yang ditutup terlebih dahulu dan sebaliknya.  Selain menggunakan snellen chart juga dapat menggunakan hitung jari dengan syarat siswa tersebut saat melihat snellen chart pada huruf palig atas tidak terbaca atau kabur.

    Setelah penyampaian materi serta tanya jawab selesai, petatihan deteksi penglihatan siswa ditutup oleh Ibu Suyamtinah, S.AP dilanjutkan doa bersama.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks