BERITA

  • MUSABAQAH TILAWATIL QURAN (MTQ) TAHUN 2019

    MUSABAQAH TILAWATIL QURAN (MTQ) TAHUN 2019

    Rabu (12/06/2019), bertempat di SMP Negeri 1 Wonosari, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul menggelar Acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tahun 2019 yang bertemakan “Dengan Musabaqah Tilawatil Qur’an Pelajar, Kita Wujudkan Generasi Muda yang Unggul, Cerdas dan Berakhlakul Karimah”. Acara tersebut diikuti oleh 468 peserta terdiri dari pelajar SD dan SMP yang berasal dari 18 kecamatan di kabupaten Gunungkidul. Jenis lomba yang dilombakan  dalam acara MTQ yaitu sari tilawah, adzan, khutbah jumat, tartil quran, dan MSQ. Adapun nantinya masing-masing juara I, II dan III akan mendapatkan piagam penghargaan sekaligus uang pembinaan. Sedangkan juara umum perjenjang akan memperoleh trophy tetap Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul. Sementara itu bagi peraih juara umum semua jenjang memperoleh trophy bergilir Bupati Gunungkidul.

    Bp. Kahyanto Utomo selaku Kepala Seksi Pemuda Bidang Pemuda dan Olahraga sekaligus Ketua Panitia MTQ Kabupaten Gunungkidul dalam laporan kegiatannya menyampaikan bahwa MTQ bertujuan untuk meningkatkan keterampilan baca tulis Al-Qur’an serta pendalaman isinya, memupuk rasa cinta pada Al Quran, mempertinggi penghayatan dan pengamalan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Beliau juga menyampaikan bahwa MTQ yang digelar kali ini juga menyelenggarakan lomba jenis lain yang akan diajukan ke tingkat DIY meliputi MTQ, pidato (LPP), hifdzil (MHQ), kaligrafi (LKI), CCA (LCP), dan Kebersihan dan Kemakmuran Mushola Sekolah (LKKMS).

    Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Gunungkidul, Ketua DPRD Gunungkidul, Kepala Kemenag Gunungkidul, dan Kepala Dinas Dikpora Gunungkidul. Hadir juga dalam acara ini Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah yang memberi sambutan sekaligus membuka acara MTQ secara resmi. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa di era globalisasi ini MTQ diharap mampu menumbuhkan nuansa islami yang kondusif untuk mendidik dan menanamkan nilai agama kepada anak-anak dan generasi muda sekaligus menjadi sarana untuk mengukir bakat dan prestasi. Beliau juga menyampaikan bahwa MTQ tidak hanya bertujuan meraih juara yang bersuara bagus, mampu menghafal tetapi harus benar-benar mengaplikasi isi dalam kehidupan sehari-hari.

    Pembukaan MTQ diselingi dengan penyerahan trophy Lomba Kebersihan dan Kemakmuran Mushola Sekolah (LKKMS) tingkat Kabupaten Gunungkidul yang telah dilaksanakan pada 08 Mei 2019 lalu. SD Negeri Paliyan II dan SMP Negeri 1 Wonosari berhasil meraih juara I.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks