BERITA

  • SARASEHAN GP3M (GERAKAN PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MANDIRI)*

    SARASEHAN GP3M (GERAKAN PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MANDIRI)*

    Rabu, 07/08/2019 bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Siyono, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul berkerjasama dengan Universitas Negeri Yogayakarta menyelenggarakan Sarasehan GP3M (Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri). Kegiatan ini dirangkai dengan kegiatan Unjuk Kerja Desa Vokasi dan PKH-P Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019.  Kegiatan ini mengangkat tema, “Dengan GP3M Kita Dukung Terwujudnya Gunungkidul yang Berdaya Saing, Maju, Mandiri dan Sejahtera”. Hadir dalam acara ini, Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Dirjen PAUD dan Dikmas Kemdikbud, Wakil Bupati Gunungkidul, Rektor UNY, Kasubdit Pendidikan Kesetaraan dan Pendidikan Berkelanjutan, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Gunungkidul serta tamu undangan lainnya. Peserta kegiatan berjumlah 250 orang, yang terdiri dari 150 peserta yang sudah mengikuti kegiatan pembelajaran keterampilan PKH-P di 3 PKBM dan 2 LKP, 100 peserta yang mengikuti kecakapan vokasional di SKB Kabupaten Gunungkidul ditambah peserta dari dampingan UNY di Desa Bejiharjo dan tamu undangan sejumlah 300 orang.

    Dalam acara ini Wakil Bupati Gunungkidul, Bapak Immawan Wahyudi, memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah menyambut positif kegiatan Sarasehan yang diselenggarakan oleh Dinas Dikpora ini, dan mengucapkan terima kasih atas dukungan Dirjend PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Beliau juga berharap acara dapat menguatkan tekat dalam penyelenggaraan program pemberdayaan perempuan mandiri, sehingga dapat mengurangi dampak resiko sosial kelompok perempuan marginal. Hal ini sangat penting karena masih banyak dijumpai status dan peranan perempuan dalam masyarakat masih bersifat subordinatif dan belum sebagai mitra sejajar laki-laki. Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dinas Dikpora Kabupaten Gunungkidul dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogayakarta. Maksud dan Tujuan kerjasama ini adalah sebagai upaya agar penyelenggaraan proses pemberdayaan perempuan dapat berjalan dengan baik sehingga perempuan di Gunungkidul semakin berdaya dan mandiri.

    Di lokasi acara ini juga tersedia stand-stand pameran hasil karya Desa Vokasi dan PKH-P Kabupaten Gunungkidul. Acara juga dimeriahkan oleh Pentas Wayang Bocah Binaan dari UNY di Desa Bejiharjo.

    Kegiatan ini disiarkan secara langsung oleh Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Swara Dhaksinarga 89.9 FM

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks