BERITA

  • Sosialisasi Gunungsewu UNESCO Global Geopark bagi Guru

    Sosialisasi Gunungsewu UNESCO Global Geopark bagi Guru

    Visi Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016-2021 dibawah kepemimpinan Ibu Hj. Badingah, S.Sos. MAP dan Dr. Imawan Wahyudi, SH. MH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul yaitu “Mewujudkan Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri dan sejahtera tahun 2021”.

    Sebagai salah satu Kabupaten yang berada di kawasan Gunungsewu UNESCO Global Geopark, menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi Kabupaten Gunungkidul, sehingga masyarakat Gunungkidul harus mengetahui dan menyadari akan hal itu. Oleh karenanya sosialisasi kepada masyarakat harus dilakukan agar terjadi keselarasan dan sinergi antara program pemerintah daerah dan warga masyarakatnya.

    Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul yang merupakan salah tau Perangkat Daerah merasa ikut memiliki tanggungjawab untuk mensukseskan tercapainya visi misi Kabupaten Gunungkidul, sehingga harus berperan aktif untuk mensosialisasikan mengenai pariwisata yang ada di Gunungkidul di kalangan pendidikan.

    Salah satu bentuk dukungan terhadap visi misi pengembangan sektor pariwisata di Disdikpora Gunungkidul yaitu dengan mensosialisasikan keberadaan geopark kepada para guru. Diharapkan guru bisa turut mensosialisasikan geosite kepada anak didik, orangtuanya dan masyarakat, karena semua pihak bertanggungjawab atas keberadaan geosite yang ada. 

    Kegiatan Sosialisasi Gunungsewu UNESCO Global Geopark dilaksanakan pada tanggal 20 – 26 Agustus 2019 di Pendopo Geosite Lembah Ngingrong. Peserta sosialisasi adalah guru SD dan SMP se Kabupaten Gunungkidul sejumlah 644 orang yang dilaksanakan dalam 5 angkatan.

    Pemateri terdiri dari General Manager Gunungsewu UNESCO Global Geopark Ir. Budi Martono, M.Si. yang juga merupakan mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, dari Dinas Pariwista yang merupakan sekretariat Gunungsewu UNBESCO Global Geopark, dan Pengelola Geosite Lembah Ngingrong atau Pokdarwis Desa Mulo.

    Kegiatan yang dilaksanakan meliputi penyampaian materi tentang Gunungsewu UNESCO Global Geopark dan pengamatan lapangan di Lembah Ngingrong dan Etalase Taman Batu. Peserta sosialisasi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, bahkan ada yang kemudian merencanakan akan melaksanakan kegiatan outing class bagi peserta didik dari beberapa sekolah.

    Tujuan kegiatan tersebut adalah agar keberadaan Gunungsewu UNESCO Global Geopark tersebut dapat dipahami oleh masyarakat terutama masyarakat di dunia pendidikan, sehingga dapat ikut berperan dalam mensukseskan visi Kabupaten Gunungkidul dalam pengembangan sektor pariwisata.

     

     

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks