BERITA

  • PENYERAHAN PENGHARGAAN KEPADA PEMENANG LOMBA PENGELOLAAN ARSIP SATUAN PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017

    PENYERAHAN PENGHARGAAN KEPADA PEMENANG LOMBA PENGELOLAAN ARSIP SATUAN PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017

    Arsip dalam konteks manajemen sekolah yaitu keseluruhan dokumen administrasi sekolah. Pengelolaan arsip di sekolah sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan dan sebagai sumber data utama yang otentik bagi manajemen sekolah. Dalam rangka meningkatkan semangat pengelolaan arsip satuan pendidikan dan mewujudkan tertib pengelolaan arsip di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul  dilaksanakan Lomba Pengelolaan Arsip Satuan Pendidikan. Lomba ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2017 dan diikuti oleh 36 sekolah jenjang SD dan SMP perwakilan dari tiap kecamatan.

    Aspek yang dinilai dalam Lomba Pengelolaan Arsip ini yaitu aspek pengelolaan arsip yang meliputi bagaimana pencatatan arsip, penyimpanan arsip, keamanan arsip, kecepatan penemuan kembali arsip yang disimpan serta pengendalian arsip. Selanjutnya aspek sumber daya kearsipan yang meliputi ada tidaknya petugas arsip, sarana dan prasarana pengelolaan arsip, serta ada tidaknya anggaran pengelolaan arsip.

    Bapak Bahron Rasyid, S.Pd., MM. selaku Kepala Disdikpora Kabupaten Gunungkidul secara langsung menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba. Pemenang lomba untuk jenjang SD, juara 1 yaitu SD Negeri Semin II kecamatan Semin, juara 2 SD Negeri Jetis Kecamatan Semanu, dan juara 3 SD Negeri Tlogowareng Kecamatan Karangmojo. Untuk jenjang SMP juara 1 dimenangkan oleh SMP Negeri 2 Gedangsari, Juara 2 SMP Negeri 1 Karangmojo, dan juara 3 SMP Negeri 1 Wonosari. Para pemenang lomba tersebut mendapatkan penghargaan berupa tropi dan uang pembinaan dari Disdikpora Kabupaten Gunungkidul.

    Dalam sambutannya Bapak Bahron menyampaikan bahwa salah satu tugas kepala sekolah yaitu sebagai administrator, dan dari kegiatan administrasi sekolah tentunya menghasilkan arsip. Dalam hal ini Disdikpora Kabupaten Gunungkidul bertugas melakukan pembinaan administrasi sekolah dengan cara melaksanakan kegiatan lomba pengelolaan arsip. Bapak Bahron berharap sekolah dapat terus mempertahankan kondisi baiknya dalam pengelolaan arsip mengingat bahwa arsip sebagai sumber data utama yang otentik bagi manajemen sekolah.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks