Instrumen (Standar Nasional Pendidikan)

Pertanyaan Jenjang SD
1. Sekolah/Madrasah melaksanakan kurikulum berdasarkan muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
     A.  Melaksanakan kurikulum berdasarkan 8 muatan KTSP
     B.  Melaksanakan kurikulum berdasarkan 7 muatan KTSP
     C.  Melaksanakan kurikulum berdasarkan 6 muatan KTSP
     D.  Melaksanakan kurikulum berdasarkan 5 atau kurang muatan KTSP
     E.  Tidak melaksanakan KTSP

2. Sekolah/Madrasah mengembangkan kurikulum dengan melibatkan pihak terkait berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.
     A.  Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah/madrasah, seluruh guru, komite sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan dan tokoh pendidikan setempat
     B.  Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah/madrasah, seluruh guru, dan komite sekolah/ madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan
     C.  Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah/madrasah dan seluruh guru
     D.  Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah/madrasah dibantu beberapa orang guru
     E.  Tidak mengembangkan kurikulum

3. Sekolah/Madrasah mengembangkan kurikulum dengan menggunakan prinsip pengembangan KTSP.
     A.  Menggunakan 7 prinsip pengembangan KTSP
     B.  Menggunakan 5-6 prinsip pengembangan KTSP
     C.  Menggunakan 3-4 prinsip pengembangan KTSP
     D.  Menggunakan 1-2 prinsip pengembangan KTSP
     E.  Tidak mengembangkan kurikulum

4. Sekolah/Madrasah melaksanakan pengembangan kurikulum melalui mekanisme penyusunan KTSP.
     A.  Mekanisme pengembangan kurikulum dilakukan melalui 7 kegiatan pokok
     B.  Mekanisme pengembangan kurikulum dilakukan melalui 5-6 (enam) kegiatan pokok
     C.  Mekanisme pengembangan kurikulum dilakukan melalui 3-4 kegiatan pokok
     D.  Mekanisme pengembangan kurikulum dilakukan melalui 1-2 kegiatan pokok
     E.  Tidak mengembangkan kurikulum

5. Sekolah/Madrasah melaksanakan kurikulum dalam bentuk pengajaran berdasarkan prinsip pelaksanaan kurikulum.
     A.  Melaksanakan kurikulum berdasarkan 7 prinsip pelaksanaan
     B.  Melaksanakan kurikulum berdasarkan 5-6 prinsip pelaksanaan kurikulum
     C.  Melaksanakan kurikulum berdasarkan 3-4 prinsip pelaksanaan
     D.  Melaksanakan kurikulum berdasarkan 1-2 prinsip pelaksanaan
     E.  Tidak melaksanakan kurikulum berdasarkan prinsip dimaksud

6. Sekolah/Madrasah menyusun kurikulum muatan lokal dan kurikulum berbasis pendidikan karakter dengan melibatkan berbagai pihak.
     A.  Melibatkan kepala sekolah/madrasah, guru, komite sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan, dinas pendidikan/Kankemenag kabupaten/kota dan instansi terkait di daerah;
     B.  Melibatkan kepala sekolah/madrasah, guru, komite sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan dan dinas pendidikan/Kankemenag kabupaten/kota;
     C.  Melibatkan kepala sekolah/madrasah, guru, dan komite sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan
     D.  Melibatkan kepala sekolah/madrasah, dan guru
     E.  Tidak menyusun kurikulum muatan lokal dan kurikulum berbasis pendidikan karakter.

7. Sekolah/Madrasah menyusun kurikulum muatan lokal dan kurikulum berbasis pendidikan karakter dengan melibatkan berbagai pihak.
     A.  Melaksanakan 4 jenis atau lebih kegiatan layanan konseling
     B.  Melaksanakan 3 jenis kegiatan layanan konseling
     C.  Melaksanakan 2 jenis kegiatan layanan konseling
     D.  Melaksanakan 1 jenis kegiatan layanan konseling
     E.  Tidak melaksanakan kegiatan layanan konseling

8. Sekolah/Madrasah melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
     A.  Melaksanakan 4 jenis atau lebih kegiatan ekstrakurikuler
     B.  Melaksanakan 3 jenis kegiatan ekstrakurikuler
     C.  Melaksanakan 2 jenis kegiatan ekstrakurikuler
     D.  Melaksanakan 1 jenis kegiatan ekstrakurikuler
     E.  Tidak melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler

9. Sekolah/Madrasah menjabarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam indikator-indikator untuk setiap mata pelajaran.
     A.  Sebanyak 8 atau lebih mata pelajaran telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
     B.  Sebanyak 5-7 mata pelajaran telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
     C.  Sebanyak 2-4 mata pelajaran telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
     D.  Sebanyak 1 mata pelajaran telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
     E.  Tidak ada mata pelajaran yang sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya

10. Sekolah/Madrasah menerapkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan beban belajar yang tertuang pada lampiran Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006.
     A.  Menerapkan 4 ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
     B.  Menerapkan 3 ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
     C.  Menerapkan 2 ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
     D.  Menerapkan 1 ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
     E.  Tidak menerapkan ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas

11. Guru mengalokasikan waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur kepada siswa maksimal 40% dari alokasi waktu tiap mata pelajaran
     A.  Sebanyak 76%-100% guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
     B.  Sebanyak 51%-75% guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
     C.  Sebanyak 26%-50% guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
     D.  Sebanyak 1%-25% guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
     E.  Tidak ada guru yang mengalokasikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur

12. Pengembangan KTSP dilaksanakan dengan mengacu kepada: (1) Standar Isi, (2) Standar Kompetensi Lulusan, (3) berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta (4) memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah.
     A.  Dilaksanakan dengan mengacu kepada 4 unsur di atas
     B.  Dilaksanakan dengan mengacu kepada 3 unsur di atas
     C.  Dilaksanakan dengan mengacu kepada 2 unsur di atas
     D.  Dilaksanakan dengan mengacu 1 unsur di atas
     E.  Tidak mengembangkan KTSP

13. Sekolah/Madrasah mengembangkan silabus mata pelajaran dengan menggunakan 7 langkah pengembangan silabus
     A.  Sebanyak 91%-100% silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah pengembangan silabus
     B.  Sebanyak 81%-90% silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah pengembangan silabus
     C.  Sebanyak 71%-80% silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah pengembangan silabus
     D.  Sebanyak 61%-70% silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah pengembangan silabus
     E.  Sebanyak kurang dari 61% silabus mata pelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah pengembangan silabus

14. Dalam mengembangkan KTSP, guru menyusun silabus setiap mata pelajaran yang diajarkan.
     A.  Sebanyak 91% atau lebih silabus dikembangkan sendiri oleh guru bersama-sama guru lain dalam satu sekolah/madrasah
     B.  Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan melalui gugus atau Kelompok Kerja Guru (KKG)
     C.  Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)/Dinas Pendidikan/Kandepag
     D.  Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan dengan mengadopsi atau mengadaptasi KTSP yang sudah ada
     E.  Tidak ada guru yang menyusun silabus sendiri

15. Sekolah/Madrasah memiliki silabus untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan panduan penyusunan KTSP.
     A.  Sebanyak 7 atau lebih mata pelajaran memiliki silabus
     B.  Sebanyak 5-6 mata pelajaran memiliki silabus
     C.  Sebanyak 3-4 mata pelajaran memiliki silabus
     D.  Sebanyak 1-2 mata pelajaran memiliki silabus
     E.  Tidak ada mata pelajaran yang memiliki silabus

16. Sekolah/Madrasah menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75,00 persen untuk setiap mata pelajaran melalui rapat dewan guru.
     A.  Sebanyak 6 atau lebih mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 persen atau lebih
     B.  Sebanyak 5 mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 persen atau lebih
     C.  Sebanyak 4 mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 persen atau lebih
     D.  Sebanyak 3 mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 persen atau lebih
     E.  Kurang dari 3 mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 persen atau lebih

17. Sekolah/Madrasah menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan memperhatikan unsur: (1) karakteristik siswa/Intake siswa, (2) karakteristik mata pelajaran/kompleksitas, dan (3) kondisi sekolah/madrasah/daya dukung
     A.  Menentukan KKM dengan memperhatikan 3 unsur melalui rapat dewan guru
     B.  Menentukan KKM dengan memperhatikan 2 unsur melalui rapat dewan guru
     C.  Menentukan KKM dengan memperhatikan 1 unsur melalui rapat dewan guru
     D.  Menentukan KKM tanpa memperhatikan 3 unsur melalui rapat dewan guru
     E.  Menentukan KKM tanpa memperhatikan 3 unsur dan tidak melalui rapat dewan guru

18. Sekolah/Madrasah memiliki kalender pendidikan yang memuat pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran: (1) awal tahun pelajaran, (2) minggu efektif, (3) pembelajaran efektif, dan (4) hari libur.
     A.  Memuat 4 macam pengaturan waktu
     B.  Memuat 3 macam pengaturan waktu
     C.  Memuat 2 macam pengaturan waktu
     D.  Memuat 1 macam pengaturan waktu
     E.  Tidak memiliki kalender pendidikan

19. Setiap mata pelajaran memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus.
     A.  Sebanyak 8 atau lebih mata pelajaran memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
     B.  Sebanyak 6-7 mata pelajaran memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
     C.  Sebanyak 4-5 mata pelajaran memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
     D.  Sebanyak 2-3 mata pelajaran memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
     E.  Sebanyak 1 atau tidak ada mata pelajaran memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus

20. RPP disusun dengan memperhatikan 6 prinsip penyusunan.
     A.  Sebanyak 91%-100% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
     B.  Sebanyak 81%-90% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
     C.  Sebanyak 71%-80% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
     D.  Sebanyak 61%-70% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
     E.  Sebanyak kurang dari 61% RPP yang sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan

21. Sekolah/Madrasah melaksanakan proses pembelajaran dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.
     A.  Memenuhi 4 persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
     B.  Memenuhi 3 persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
     C.  Memenuhi 2 persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
     D.  Memenuhi 1 persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
     E.  Tidak memenuhi persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran

22. Proses pembelajaran di sekolah/madrasah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
     A.  Sebanyak 91%-100% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
     B.  Sebanyak 81%-90% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
     C.  Sebanyak 71%-80% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
     D.  Sebanyak 61%-70% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
     E.  Sebanyak kurang dari 61% guru yang melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran

23. Sekolah/Madrasah melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik untuk kelas I, II dan III.
     A.  Kelas I, II dan III melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
     B.  Kelas I dan II melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
     C.  Kelas I dan III atau kelas II dan III melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
     D.  Kelas I atau II atau III melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
     E.  Kelas I, II dan III tidak melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik

24. Sekolah/Madrasah melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran untuk kelas IV, V dan VI.
     A.  Kelas IV, V dan VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
     B.  Kelas V dan VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
     C.  Kelas IV dan V atau IV dan VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
     D.  Kelas IV atau V atau VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
     E.  Kelas IV, V dan VI tidak melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran

25. Pemantauan proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/ madrasah mencakup tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian hasil pembelajaran.
     A.  Mencakup 3 tahap pemantauan serta dilakukan diskusi hasil pemantauan
     B.  Mencakup 3 tahap pemantauan tanpa dilakukan diskusi hasil pemantauan
     C.  Mencakup 2 tahap pemantauan
     D.  Mencakup 1 tahap pemantauan
     E.  Tidak pernah melakukan pemantauan

26. Supervisi proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah dengan melakukan kunjungan kelas serta melakukan tindak lanjut dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
     A.  Melakukan supervisi proses pembelajaran dengan tindak lanjut melalui 4 cara
     B.  Melakukan supervisi proses pembelajaran dengan tindak lanjut melalui 3 cara
     C.  Melakukan supervisi proses pembelajaran dengan tindak lanjut melalui 2 cara
     D.  Melakukan supervisi proses pembelajaran dengan tindak lanjut melalui 1 cara
     E.  Tidak melakukan supervisi proses pembelajaran

27. Evaluasi terhadap guru dalam proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah dengan memperhatikan 4 aspek, yaitu: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi pembelajaran, dan (4) rencana tindak lanjut.
     A.  Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan 4 aspek
     B.  Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan 3 aspek
     C.  Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan 2 aspek
     D.  Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan 1 aspek
     E.  Tidak melakukan evaluasi

28. Kepala sekolah/madrasah menyampaikan hasil pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan.
     A.  Hasil pengawasan disampaikan kepada guru yang bersangkutan, dewan guru, pengawas sekolah/madrasah, dan komite sekolah/madrasah
     B.  Hasil pengawasan disampaikan kepada yang bersangkutan, dewan guru, dan pengawas sekolah/madrasah
     C.  Hasil pengawasan disampaikan kepada yang bersangkutan dan dewan guru
     D.  Hasil pengawasan disampaikan kepada yang bersangkutan saja
     E.  Tidak menyampaikan hasil pengawasan

29. Kepala sekolah/madrasah melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses pembelajaran.
     A.  Sebanyak 91%-100% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
     B.  Sebanyak 81%-90% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
     C.  Sebanyak 71%-80% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
     D.  Sebanyak 61%-70% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
     E.  Sebanyak kurang dari 61% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti

30. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
     A.  Sebanyak 91%-100% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
     B.  Sebanyak 81%-90% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
     C.  Sebanyak 71%-80% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
     D.  Sebanyak 61%-70% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
     E.  Sebanyak kurang dari 61% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan

31. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
     A.  Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliputi bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, dan internet
     B.  Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliputi bahan ajar, buku teks, perpustakaan, dan laboratorium
     C.  Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliputi bahan ajar, buku teks, dan perpustakaan
     D.  Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliputi bahan ajar dan buku teks
     E.  Sekolah/Madrasah tidak pernah memfasilitasi kegiatan siswa dengan sumber belajar

32. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial.
     A.  Sebanyak 91%-100% RPP mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
     B.  Sebanyak 81%-90% RPP mata pelajaran IPA dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
     C.  Sebanyak 71%-80% RPP mata pelajaran IPA dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
     D.  Sebanyak 61%-70% RPP mata pelajaran IPA dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
     E.  Sebanyak kurang dari 61% RPP mata pelajaran IPA dan IPS yang memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosia

33. Siswa memperoleh pengalaman belajar menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa; (1) bahan ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan, (4) laboratorium, dan (5) internet.
     A.  Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 5 sumber belajar
     B.  Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 4 sumber belajar
     C.  Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 3 sumber belajar
     D.  Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 2 sumber belajar
     E.  Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan hanya 1 sumber belajar

34. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kegemaran membaca dan menulis.
     A.  Sebanyak 91%-100% RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
     B.  Sebanyak 81%-90% RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
     C.  Sebanyak 71%-80% RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
     D.  Sebanyak 61%-70% RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
     E.  Sebanyak kurang dari 61% RPP mata pelajaran yang memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis

35. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik.
     A.  Sebanyak 91%-100% RPP mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
     B.  Sebanyak 81%-90% RPP mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
     C.  Sebanyak 71%-80% RPP mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
     D.  Sebanyak 61%-70% RPP mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
     E.  Sebanyak kurang dari 61% RPP mata pelajaran yang dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan

36. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal.
     A.  Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 4 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
     B.  Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 3 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
     C.  Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 2 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
     D.  Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 1 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
     E.  Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah tidak melaksanakan atau memfasilitasi kegiatan seni dan budaya lokal

37. Dalam satu tahun terakhir, siswa memperoleh pengalaman belajar untuk dapat mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku di lingkungannya.
     A.  Tidak ada siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi, dan lainnya)