Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Gunung Kidul


Beranda (Kata Pengantar)

Alhamdulillahirabbil'alamin, puji syukur kita panjatkan ke khadirat Allah SWT atas berkat dan nikmatNya Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga Kab. Gunung Kidul telah dapat merilis secara perdana sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru SMP secara Online.

Penerimaan Peserta Didik Baru bertujuan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya. Penerimaan Peserta Didik Baru berasaskan objektivitas artinya bahwa penerimaan peserta didik, baik peserta didik baru maupun pindahan harus memenuhi ketentuan yang diatur di dalam pedoman ini dan peraturan lain yang berlaku, transparansi artinya pelaksanaan penerimaan peserta didik baru bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orangtua peserta didik, untuk menghindarkan penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi, akuntabilitas artinya penerimaan peserta didik dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya, tidak diskriminatif artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan tanpa membedakan suku, daerah asal, agama, golongan dan status sosial (kemampuan finansial).

Sistem ini sebagai bagian tidak terpisahkan dari Integrasi Data Pokok Pendidikan yang sudah di canangkan oleh Kemdikbud sebagai basis data tunggal untuk program-program pendidikan di tingkat kementerian maupun di Daerah.

Untuk itu Dinas Pendidikan dan Olahraga Kab.Gunung kidul mengambil bagian dalam Sistem PPDB, dengan memanfaatkan basis data DAPODIK dimana sistem PPDB Online memberdayakan infrastruktur data backbone di dinas pendidikan kabupaten Gunungkidul untuk layanan proses penerimaan peserta didik baru jenjang SMP.

Hasil PPDB dapat mengupdate data DAPODIK pusat sehingga proses pendataan DAPODIK tahun ajaran baru 2017/2018, sekolah tidak perlu menginput data siswa baru kembali.

Selain itu layanan PPDB Kabupaten Gunungkidul dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masing-masing sekolah sehingga meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam Proses PPDB.

Sekiranya Allah SWT dapat menerima ikhtiar Dinas Pendidikan Kab. Gunungkidul sebagai upaya mentransformasi data digital DAPODIK sebagai salah satu layanan prima pendidikan di wilayah gunungkidul.

Selamat berproses anak-anak ku semoga terus dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat paling tinggi, sehingga dapat meraih cita-cita dan masa depan. Amin

Terimakasih

Tertanda


Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga

Kabupaten Gunung Kidul