BERITA

  • DIKPORA KERJASAMA DENGAN UNY  UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU IPA

    DIKPORA KERJASAMA DENGAN UNY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU IPA

    Untuk meningkatkan literasi digital bagi guru IPA jenjang SMP, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan pelatihan pembelajaran online dengan google classroom. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Gunungkidul  yang berjumlah 20 orang, di kampus  UNY Kenteng, Pacarejo, Semanu. Hari Rabu, 2 Juni 2021. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang  SMP, Kisworo, M.Pd. Dalam sambutanya Kisworo mengatakan sangat simpati kepada UNY yang peduli terhadap pendidikan di Kabupaten Gunungkidul dan dapat dimaknai sebagai Tridarma perguruan tinggi dalam aspek pengabdian masyarakat. Karena dalam situasi pandemi covid 19  yang berlangsung sudah selama 1,5 tahun, merupakan kebutuhan bagi  guru untuk adaptasi baru dengan situasi Pembelajaran Jarak jauh  (PJJ) sebagai bentuk layanan terhadap anak didiknya agar lebih optimal.


    Lebih lanjut Kisworo menegaskan, agar efektif dalam Pembelajaran jarak Jauh, guru diharapkan terampil menguasai Learning Manajemen Sistem (LMS) karena hal itu merupakan roh dari produktifitas interaksi guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Guru harus terampil dalam menaruh konten materi yang menarik, mampu menyampaikan dengan menyenangkan, memberi ruang adanya interaksi, terampil mengevaluasi dan tidak lupa harus ada umpan balik bagi siswa. 


    Sedangkan koordinator Pengelola kampus UNY di Gunungkidul,  Dr. Slamet Suyanto, M.Ed. mengatakan bahwa selain pelatihan akan dipaparkan pula hasil penelitian tentang efektifitas pembelajaran jarak jauh selama covid 19. Peserta juga akan diberi beberapa alternatif pendekatan kegiatan proses belajar mengajar dalam mempersiapkan tahun ajaran baru 2021/2022.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks