BERITA

  • Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Melalui Supervisi Daring Di SDN Temuireng II Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022

    Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Melalui Supervisi Daring Di SDN Temuireng II Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022

                    Masa tanggap darurat pandemi Covid 19 belum jelas sampai kapan akan akhir. Dampak pandemi covid-19 berpengaruhi terhadap pelakasanaan pembelajaran di sekolah. Maka kepala sekolah harus mengubah strategi supervisi yang dilakukan kepada gurunya khususnya terkait supervisi akademik. Hal ini perlu dilakukan karena pembelajaran guru tidak lagi dilakukan tatap muka di dalam kelas secara penuh, melainkan secara daring (dalam jaringan), luring (luar jaringan) ataupun  kombinasi antara keduanya (blended).

                    Supervisi daring bertujuan untuk memonitor kegiatan pembelajaran dilaksanakan oleh guru secara daring ataupun luring. Dalam melaksanakan supervisi daring kepala sekolah menggunakan instrumen supervisi dan observasi pembelajaran dengan menggunakan google form. Pembelajaran daring yang dilakukan guru bervariasi, yaitu melalui grup WA, Google meet, google classrroom. Disamping supervisi daring, kepala sekolah juga melakukan wawancara dengan guru sebagai tindaklanjuti hasil supervisi daring secara tatap muka terbatas. Menyesuaikan jadwal kinerja wfo.wfh pns dan non.

                       Maksud dan tujuan supervisi daring adalah untuk memonitor kegiatan pembelajaran selama pandemi covid-19 yang dilakukan oleh guru. Dengan supervisi ini kepala sekolah dapat mengidentifikasi permasalahan yang timbul. Identifikasi permasalahan yang ada agar dapat segera diatasi. Sebagai tindaklanjut untuk mengatasi permasalahan selama pembelajaran masa pandemi kepala sekolah membuaka ruang diskusi dan konsultasi baik melalui daring ataupun tatatp muka secara terbats. Dengan membuaka ruang konsultasi dan diskusi diharapakan guru dapat mengelola pembelajaran secara optimal.

    Source: http://sdtemuireng2panggang.pendidikan.gunungkidulkab.go.id/

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks