BERITA

  • Membangkitkan Motivasi Siswa SMP di Gunungkidul Melalui Beasiswa Bakat dan Prestasi

    Membangkitkan Motivasi Siswa SMP di Gunungkidul Melalui Beasiswa Bakat dan Prestasi

    Pandemi bukanlah hambatan untuk berprestasi. Sekolah boleh di rumah, tapi siapa menyangka tanpa kemana-mana pun kita bisa jadi juara. Banyak waktu luang untuk mengasah bakat juga potensi diri. Banyak juga event, festival ataupun perlombaan bisa diikuti. Terbatas untuk bertatap muka bukanlah masalah, Toh daring pun bisa menjadi terobosan baru untuk mengumpulkan prestasi di negeri ini. Iming-imingnya pun tidak main-main, beasiswa prestasi salah satu daya tarik yang membuat semua siswa berlomba-lomba meraihnya. Sudah sepantasnya sebuah prestasi dihargai untuk memotivasi sehingga bakat dan potensi dikembangkan lagi.

                Seperti halnya program penyaluran beasiswa bakat dan prestasi jenjang SMP Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul khususnya Bidang SMP. Berawal dari terselenggaranya berbagai perlombaan, festival  dalam bidang olahraga, seni, keagamaan dan sains bagi siswa dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional akhirnya tercetuslah gagasan untuk memberikan penghargaan dalam bentuk Beasiswa. Selain untuk memotivasi siswa SMP yang memiliki bakat prestasi baik akademik maupun non akademik, program ini bertujuan untuk menghargai siswa yang memiliki predikat juara sehingga merasa perjuangan yang dilakukan berbuah manis. Sasaran dari program ini pun tidaklah sedikit, sejumlah 100 siswa yang dinyatakan lolos verifikasi dari 25 ajang kompetensi berhak memperebutkan beasiswa tersebut.

           Gunungkidul ada 4 (empat) Bidang perlombaan yang akan disertakan dalam proses verifikasi antara lain Bidang Olahraga, Seni, Budaya dan Kepramukaan, Agama serta Sains dan Bahasa. Dari kegiatan verifikasi yang telah dilakukan oleh TIM maka diperoleh pengerucutan beberapa ajang kompetensi dengan jumlah perolehan siswa yang berbeda-beda. Dari cabang olahraga sendiri menghasilkan 8 ajang kompetisi dengan total siswa sebanyak 61 orang. Bidang Seni, Budaya dan kepramukaan menghasilkan 12 ajang kompetensi yang dijuarai oleh 31 orang. Bidang Agama hanya terdiri dari satu ajang perlombaan saja yaitu lomba Hafidz tingkat Nasional yang berhasil dijuarai oleh 2 orang siswa SMP. Bidang terakhir yaitu Sains dan Bahasa dengan 4 ajang kompetensi dan berhasil diraih oleh 6 orang.

                Penyerahan Beasiswa bakat dan prestasi Jenjang SMP Tahun 2021 ini dilaksanakan pada Hari Senin, 15 November 2021 bekerjasama dengan Bank Daerah Gunungkidul. Pada kesempatan tersebut Hadir Bupati Gunungkidul (H.Sunaryanta) didampingi oleh Plt.Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Drs.Ali Ridlo,M.M) serta Kepala Seksi Peserta Didik (FX.Broto Murdopo, M.Pd) untuk menyerahkan Beasiswa bakat dan Prestasi secara simbolis kepada 10 orang peraih kejuaraan baik di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional. Abigail Jasmine Alya Dewanti peraih Juara I Taekwondo “One Hero Championship Virtual Poomsae Internasional” adalah salah satu perwakilan penerima Beasiswa Bakat dan Prestasi Tahun 2021. Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wonosari ini mengaku sangat Bersyukur dan senang sekali bisa menerima Beasiswa. Dirinya lebih termotivasi lagi untuk berlatih dan mengasah kemampuan taekwondo tentunya.

                Dalam sambutannya Plt.Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Drs. Ali Ridho, M.M menyampaikan pesan kepada siswa yang hadir di Aula Bank Daerah Gunungkidul agar tetap semangat meningkatkan prestasi baik di bidang akademis maupun non akademis. Sebelum mengakhiri sambutannya, Beliau menyampaikan harapan kepada perwakilan penerima Beasiswa semoga bisa menjadi pioner dan calon-calon pemimpin masa depan yang bisa mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan untuk masyarakat Gunungkidul. Pada kesempatan tersebut hadir juga Bupati Gunungkidul menyampaikan beberapa point penting antara lain pesan untuk menjauhi NARKOBA, hidup sehat dan semangat dan motivasi bukan hanya untuk para siswa namun juga untuk guru pendamping yang turut hadir pada kesempatan tersebut. “Pilihan siswa dan keinginan siswa harus dikuatkan dan digantungkan setinggi mungkin. Semoga semua siswa di Kabupaten Gunungkidul harus memiliki keinginan dan cita-cita dan menggantungkan setinggi langit” tuturnya.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks