BERITA

  • Pentas Puncak Pagelaran GSMS

    Pentas Puncak Pagelaran GSMS

    Melestarikan kebudayaan bukan hanya menjadi tanggung jawab para budayawan. Hal ini juga menjadi tanggung jawab seluruh warga masyarakat dari berbagai usia. Usia sekolah dasar pun memiliki tanggung jawab yang sama dalam melestarikan budaya daerahnya. Pemerintah yang turut andil dalam pelaksanaan pelestarian budaya akan memperkuat budaya di masyarakat.

    Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,dan Teknologi menyelenggarakan sebuah program yang bertajuk Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS). SD N Wonosari I sebagai salah satu sekolah pelaksana GSMS dengan seniman Yanik Ika Safitri, S.Pd dan asisten seniman Gatot Subagyo, S.Pd telah melaksanakan latihan kesenian Jawa berupa drama berbahasa Jawa serta memainkan gamelan. Setelah selesai melaksanakan latihan sesuai dengan target, maka tibalah saatnya untuk mementaskan hasil latihan kepada khalayak umum.

    Hari Selasa, 16 November 2021 menjadi hari yang terpilih bagi SDN Wonosari I untuk menggelar pertunjukan. Pagelaran tersebut dilaksanakan di Taman Budaya Gunungkidul  (TBG) berdampingan dengan pagelaran GSMS dari SMP N Karangmojo 1 dan SMP N Karangmojo 2. Pagelaran ini disaksikan secara langsung oleh Bupati Gunungkidul, Bapak H Sunaryanta beserta Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek serta jajaran petinggi Dinas Kebudayaan Gunungkidul.

    Bertempat di gedung pertunjukan indoor TBG, ketiga sekolah menampilkan hasil latihan selama program GSMS berlangsung. Pagelaran dibuka dengan penampilan siswa-siswi SMP N Karangmojo 1 yang menampilkan atraksi menabuh gamelan. Pagelaran dilanjutkan dengan penampilan siswa-siswi SD N Wonosari I berupa Opera Jawa berjudul Memetri. Opera Jawa ini bercerita tentang kegiatan masyarakat dalam melestarikan budaya Rasulan di tengah gerusan arus modernisasi. Opera ini juga menggambarkan masyarakat yang berusaha untuk melestarikan budaya mereka dengan memainkan tembang Jawa dengan iringan gamelan berdampingan dengan lagu-lagu berbahasa nasional dengan iringan musik modern. Pagelaran pun ditutup dengan penampilan sendratari dari siswa-siswi SMP N Karangmojo 2.

    Semoga GSMS ini tidak berjalan untuk sekedar program pemerintah namun tetap berjalan sebagai salah satu upaya pelestarian budaya Jawa yang dilaksanakan oleh masyarakat usia sekolah dasar. (AR)

    Source: sdwonosari1wonosari.pendidikan.gunungkidulkab.go.id

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks