BERITA

  • Apel Pagi dan Perpisahan Purna Tugas ASN

    Apel Pagi dan Perpisahan Purna Tugas ASN

    Wonosari – Sejumlah pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul kembali mengikuti apel pagi yang diselenggarakan di halaman kantor dinas setempat, Senin (28/03). Bertindak sebagai pembina apel yaitu Ir. Eddy Praptono, M.Si. selaku Plt. Kepala Dinas Pendidikan.

    Dalam amanatnya, Ir. Eddy Praptono, M.Si. menyampaikan tiga poin penting. Poin pertama berkaitan dengan Dana Insentif Daerah (DID). DID merupakan dana penyesuaian dalam APBN yang digunakan dalam rangka pelaksanaan fungsi pendidikan, yang dialokasikan kepada daerah dengan mempertimbangkan kriteria kinerja tertentu. Alokasi DID bertujuan untuk mendorong agar daerah berupaya mengelola keuangannya lebih baik.

    Ir. Eddy Praptono, M.Si. menjelaskan bahwa DID yang diterima Kabupaten Gunungkidul mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu Angka Partisipasi Murni (APM). Berdasarkan data yang diambil dari BPS, APM di Kabupaten Gunungkidul baru mencapai 70%. Padahal untuk mendapatkan DID, APM minimal 76%. Oleh karena itu, Ir. Eddy Praptono, M.Si. berharap Dinas Pendidikan dapat berkerja lebih keras untuk meningkatkan angka APM supaya dapat menyumbangkan DID untuk pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

    “Data APM diambil dari BPS dengan menghitung jumlah anak sekolah dibagi anak usia sekolah. Di Gunungkidul datanya sekitar 70%. Angka APM 70% tersebut menjadikan DID nya 0, karena angka APM itu minimal 76%. Ini nanti jadi tugas perencanaan dan semua stakeholder bagaimana cara meningkatkan angka APM. Supaya kita bisa menyumbangkan DID”, tutur Eddy Praptono.

    Poin kedua yaitu berkaitan dengan peta kualitas pendidikan. Tujuan dari adanya peta kualitas pendidikan yaitu untuk memberikan gambaran kepada pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pada satuan pendidikan dari mulai tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Data peta kualitas pendidikan diperoleh dari Kemdikbud. Peta kualitas pendidikan ini juga berpengaruh terhadap DID Kabupaten Gunungkidul.

    Poin terakhir yaitu Ir. Eddy Praptono, M.Si. menyampaikan ucapan selamat kepada 5 orang bapak/ibu ASN yang memasuki masa purna tugas per tanggal 1 April 2022.

    “Kami atas nama dinas dan pribadi mengucapkan selamat kepada teman-teman yang per 1 April memasuki masa purna tugas. Dinas mohon maaf, semoga bapak/ibu selalu diberi sehat dan bisa menikmati dengan penuh kegembiraan”, pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks