BERITA

  • Pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Semester 2 TA 2021/2022

    Pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Semester 2 TA 2021/2022

    Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu kegiatan dalam pembelajaran di Sekolah Penggerak. Dalam kegiatan tersebut, siswa diasah untuk berpikir kritis, kreatif, dan bergotong royong guna mencapai karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Pada semester 2 TA 2021/2022 SD N Wonosari I mengambil tema “Berekayasa dan Berteknologi untuk Memajukan NKRI”. Tema tersebut digunakan dalam proyek oleh siswa kelas 1 dan 4 selama semester 2 TA 2021/2022.

    Sebagai produk dari proyek tersebut, setiap siswa kelas 1 membuat mading tentang rekayasa teknologi dengan mengambil subtema handphone, televisi, dan transportasi darat. Sedangkan, siswa kelas 4 membuat Google Sites sebagai produk akhir pembelajaran proyek dengan mengambil subtema gadget, internet, televisi, toko online, perkembangan budaya, transportasi darat, dan tata letak kota. Seluruh siswa dibimbing untuk berpikir kritis guna mencari permasalahan dalam setiap subtema yang dipilih. Selanjutnya, siswa dapat kreatif dalam memecahkan masalah dan mencari solusi guna memecahkan masalah yang ada serta membuat laporannya yang dituangkan dalam tulisan mading atau google sites. Siswa juga dibimbing untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan sesama teman yang lain dan orang tua. Selain itu, siswa kelas 4 juga melakukan aksi nyata dalam mewujudkan rencana penyelesaian masalah yang ada.

    Sebagai puncak kegiatan proyek, SD N Wonosari I melaksanakan pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Semester 2 TA 2021/2022 pada tanggal 7 Juni 2022. Dalam kegiatan ini seluruh hasil produk siswa pada proyek semester 1 diperlihatkan kepada umum melalui format pameran. Dalam kegiatan tersebut, siswa juga diwajibkan untuk mempresentasikan apa yang telah dibuat dan dilakukan. Siswa kelas 1 melakukan presentasi secara daring melalui unggahan YouTube, sedang siswa kelas 4 melakukan presentasi secara luring dalam ruang pameran.

    Guna memupuk sikap gotong royong dan mengajarkan siswa untuk bekerja sama, maka dalam kegiatan pameran proyek ini siswa kelas 1 dan 4 menempat di ruang yang sama. Sekolah juga bekerja sama dengan POT (Paguyuban Orang Tua) guna kelancaran pelaksanaan pameran dalam hal menghias ruang pameran dan memperlancar kegiatan pameran. POT dan sekolah saling bekerja sama dalam menghias ruang pameran pada hari Senin, sebelum pelaksanaan pameran proyek berlangsung.

    Pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini berjalan dengan sangat meriah yang dihadiri oleh Bapak Asbani (Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul), Bapak Joko Suryanto (Pengawas Pembina SD N Wonosari I), Bapak Bambang Setiawan Budi Santoso (Ketua Komite SD N Wonosari I), seluruh oengurus komite SD N Wonosari I, Orang tua siswa kelas 1 dan 4, siswa kelas 2, 3, 5, 6 SD N Wonosari I, serta tim benchmarking dari Panajam, Paser Utara, Kalimantan Selatan. 

    Diharapkan setelah kegiatan proyek ini, siswa akan lebih perhatian terhadap permasalahan di sekitarnya serta kritis dalam mencari solusi permasalahan untuk dapat diterapkan dalam lingkungan terkecilnya. Sukses selalu siswa SD N Wonosari I, bangga terhadap SD N Wonosari I. (AR)
     

    Source: sdwonosari1wonosari.pendidikan.gunungkidulkab.go.id

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks