BERITA

  • Bupati Resmikan Area Bermain TK N Panggang, “Semoga semakin Berkembang”

    Bupati Resmikan Area Bermain TK N Panggang, “Semoga semakin Berkembang”

                    Bupati Gunungkidul H Sunaryanta di dampingi Kepala Dinas Pendidikan (Nunuk Setyowati,S.Pd.MM meresmikan Taman Bermain TK Negeri Panggang Gunungkidul Rabu (15 September 2022). Pada acara tersebut, hadir pula Asisten Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Komunikasi Informasi Kabupaten Gunungkidul dan Panewu Panggang beserta jajarannya. Acara  semakin semarak dengan hadirnya Paguyuban Orang Tua Wali beserta anak TK Negeri Panggang.

                    Kepala Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi keberhasilan TK Negeri Panggang membangun Taman Bermain yang berfungsi untuk meningkatkan kedisiplinan, mengembangkan motorik kasar siswa, membangun sportifitas serta yang tak kalah penting adalah membantu sistem sensor dan proses otak secara menyeluruh. Beliau melaporkan bahwa terwujudnya taman bermain ini merupakan salah satu program Pengadaan Sarana prasarana arena bermain dan APE luar dan dalam ruangn. Tahun Anggaran 2022 Dinas Pendidikan besaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk jenjang PAUD dan PNF sebesar kurang lebih 1,1 milyar rupiah yang dialokasikan untuk pembangunan ruang praktik SKB Handayani, pembangunan area bermain dan pengadaan APE luar ruangan untuk 2 TK Negeri (Panggang dan Nglipar) serta pengadaan APE dalam ruangan untuk 5 kapanewon (Wonosari, Semanu, Nglipar, Tanjungsari dan Ponjong).

                    Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa Taman bermain TK Negeri Panggang dapat terealisasi melalui konstraktual dengan penyedia jasa dengan total anggaran 145juta rupiah. TK Negeri Panggang merupakan salah satu sekolah rujukan yang ada di Kapanewon panggang. Banyak prestasi yang diraih baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi diantaranya perlombaan Drumband dan Konser. Namun sangat disayangkan,  sampai saat ini belum memiliki ruang khusus (aula) untuk pertemuan. Sekolah dengan peserta didik sebanyak 4 rombel yang terdiri dari 67 peserta didik, 1 kepala sekolah, 4 guru dan 1 tenaga kependidikan ini masih dalam tahap berbenah. 70% pembangunan yang terdiri dari ruang kepala sekolah, dapur, gudang dan kamar mandi dapat terealisasi atas swadaya Paguyuban Orang Tua anak. Bahkan sampai saat ini Sekolah belum memiliki pagar, tak khayal di Tahun 2017 sebuah LCD dan Proyektor pun pernah hilang tanpa jejak. Tentulah kejadian tersebut perlu menjadi perhatian khusus dari Pemerintah.

                    Menanggapi prakata dari Kepala Dinas Pendidikan Dalam sambutannya, Bupati Gunungkidul mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada TK Negeri Panggang (Pendidik dan Tenaga Didik) khususnya. H. Sunaryanta berpesan agar moral dan mental anak-anak selalu dikuatkan dari dini terutama melalui penanaman rasa cinta kepada bangsa dan negaranya. Beliau meyakini, dengan kesabaran dan ketelatenan yang ditanam sejak saat ini, hasilnya bisa dirasakan beberapa tahun yang akan datang. Tidak bisa dipungkiri bahwa keluarga di rumah, guru dan lingkungan adalah peranan penting dalam membentuk karakter SDM yang berkualitas pungkas Beliau.

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks