BERITA

  • Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2022

    Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2022

    Wonosari (Kemenag Gunungkidul) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA menyerahkan secara simbolis Mushaf Al Qur’an Tulis kepada Kepala MTsN 6 Gunungkidul, Supasdi, S.Ag., MSI disela-sela pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2022 yang diselenggarakan di SMP N 1 Wonosari, Sabtu (8/10/2022).

    Sa’ban mengungkapkan bahwa dalam rangka Hari Santri, Kemenag Gunungkidul melakukan Gerakan Menulis Mushaf Al Qur’an yang dilaksanakan oleh para siswa dan guru madrasah se-Kabupaten Gunungkidul.

    “Alhamdulillah setelah melalui berbagai macam koreksi, pada hari ini mushaf tersebut telah selesai 30 juz ditulis oleh siswa madrasah dan para guru. Secara simbolis kami serahkan kepada Kepala MTsN 6 Gunungkidul untuk dijadikan sebagai dokumentasi sekaligus motivasi untuk literasi Al Qur’an pada tahun-tahun yang akan datang. Semoga dengan gerakan menulis Al Qur’an ini, Gunungkidul menjadi lebih berkah,” katanya.

    MTQ Pelajar yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, dan SMP N 1 Wonosari ini mengusung tema “Melalui MTQ Kita Bentuk Generasi Qur’ani yang Cerdas, Taqwa dan Moderat” dengan peserta yang merupakan hasil seleksi dari 18 kapanewon.

    Sementara itu, Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta, dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam suatu lembaga pendidikan paling tidak kita mengenal tiga hal, yaitu ilmu agama, ilmu pengetahuan dan mampu bertransformasi dengan kondisi atau keadaan sekarang. “Kalau kita mampu disemuanya itu, tema MTQ Pelajar tentang cerdas, takwa dan moderat akan ada di putra-putri generasi penerus bangsa. Saya harap MTQ Tahun 2022 ini akan memberikan pembelajaran sekaligus membentuk sebuah karakter insani yang berdasarkan pada Al Qur’an dan Hadis Nabi,” tuturnya.

    Ada 13 jenis lomba dalam MTQ Pelajar ini, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra dan Putri tingkat SD dan SMP, Puitisasi Saritilawah Putra dan Putri tingkat SD, Musabaqah Tartil Qur’an (MTtQ) Putra dan Putri tingkat SD dan SMP, Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Putra dan Putri tingkat SD dan SMP, Musabaqah Adzan (MAz) tingkat  SD dan SMP, Lomba Pidato/Ceramah Agama Putra  dan Putri tingkat SD dan SMP, Lomba Cerdas Cermat Agama Islam (CCA) tingkat SD dan SMP, Musabaqah Seni Lukis Islami SD, Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) SMP, Musabaqah Khutbah Jum’at (MKJ) Putra SMP, Lomba Kaligrafi Putra dan Putri SMP, Lomba Video Kreatif tingkat SD dan SMP, Lomba Kebersihan dan Kemakmuran Musala/ Masjid Sekolah  (LKKMS) tingkat SD dan SMP.

    Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul Nunuk Setypwati, S.Pd., M.M., Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Gunungkidul Faqih Shomadi S.Ag. M.Pd.I., Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Gunungkidul H. Supriyanto S.Ag. MSI dan tamu undangan lainnya. (and)

    Source: https://gunungkidul.kemenag.go.id/

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks