Pesantren Ramadhan Sebagai Aksi Nyata Pelajar Pancasila Beriman dan Bertaqwa

Ramadhan, Bulan suci untuk berbagi. Semua insan berlomba-lomba meraih keberkahan dengan berbagai kebaikan untuk mempererat persaudaraan. Sama halnya yang diselenggarakan SMP Negeri 1 Tepus Kabupaten Gunungkidul untuk menutup rangkaian kegiatan selama Ramadhan. Heriyanto,M.Pd (Kepala SMP Negeri 1 Tepus) melaporkan bahwa program ini terselenggara sebagai bentuk aksi nyata dalam menerapkan elemen profil pelajar pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan dikemas dalam bentuk Pesantren Ramadhan.


            Kegiatan diselenggarakan kurang lebih satu minggu mulai dari tanggal 10 sampai dengan 18 April 2023 dengan rangkaian kegiatan pengumpulan zakat fitrah (mulai tanggal 10 sampai dengan 14 April) kemudian disalurkan pada tanggal 17 April 2023. Zakat fitrah yang terkumpul kemudian disalurkan oleh Kepala Sekolah bersama dengan Bapak Ibu Guru kepada masyarakat sekitar yang berhak menerima.


            Senin, 17 April 2023 menjadi puncak kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H di SMP Negeri 1 Tepus Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Komite Sekolah dan Pengawas Pembina SMP N 1 Tepus. Nunuk Setyowati, S.Pd.MM tampak begitu antusias, menyambut dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Harapannya kegiatan semacam ini rutin terselenggarakan bahkan terselenggara dengan semakin baik setiap tahunnya. Selain meningkatkan keimanan dan ketakwaan pesantren ramadhan semacam ini juga meningkatkan rasa syukur dan simpati untuk berbagi. Tarawih secara berjamaah dan Sholat Subuh di hari ke 26 ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang tak terpisahkan. Semoga Alloh memberikan kesehatan untuk berjumpa dengan Ramadhan yang akan datang. Aamiin aamiin yaa Rabbal Alamiin..

Komentar