Perkuat Literasi Digital, Diskominfo Gelar Pendampingan Pengelolaan Website Plat Merah

Gunungkidul - Untuk memperkuat literasi digital dan meningkatkan kapasitas aparatur admin dalam pengelolaan website dan media sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul menggelar pendampingan pengelolaan Website dan medsos plat merah Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Selasa (28/03/2023).

Dalam hal ini, Diskominfo Gunungkidul mengundang 2 (dua) Narasumber yang berkompeten untuk memberikan materi dan pendampingan website kepada peserta. Riski Damastuti, S.Sos., M.A. selaku Social Media Content Creations & Analysis juga Master Trainer GTA Kementrian Kominfo menyampaikan pentingnya berdapatasi dengan digitalisasi dan mudahnya membuat konten di media sosial.

"faktanya, terdapat 80.1% orang mencari informasi melalui internet" kata Riski

Dalam pendampingan ini, juga disampaikan terkait 5 C Sosial Media Planning atau 5 perencanaan membuat konten media sosial, diantaranya Content Objective, Content pillar, content calendar, content creation, dan content distribution secara detail.

"ada 4 aspek yang harus diperhatikan dalam content pillar, yaitu pengetahuan,inspirasi, edukasi, dan meyakinkan, buatlah konten yang ringan-ringan tapi juga mengedukasi" tambah Riski

Kemunculan media sosial telah mempengaruhi pola komunikasi dimana khalayak kini menjadi pencipta pesan. Mereka juga memainkan peran yang lebih aktif dalam menentukan masalah mana yang penting untuk diliput dari perspektif berita. Hal tersebut disampaikan oleh Andreas Tri Pamungkas, S.Sos, M.A selaku Jurnalis NET TV dan Dosen di Universitas AMIKOM Yogyakarta.

"Terdapat 5 konten Publikasi Rillis diantaranya inspiratif, menghibur, edukatif, informatif, dan politik" kata Andreas


Source: kominfo.gunungkidulkab.go.id

Komentar