Tanamkan Kepramukaan Prasiaga Lahirkan Tunas Penerus Bangsa

Anak-anak kecil memakai topi. berbaris enerjik dan menyanyikan lagu prasiaga dengan riang gembira. Kala kita menyaksikan kebahagiaannya hanya bisa tersenyum bangga. Seperti itulah gambaran ketika pramuka dikenalkan kepada anak TK (prasiaga). Bagi sebagian orang yang baru saja mendengarnya tentulah bertanya,”Masa iya anak TK sudah mengenal pramuka?” namun demikian adanya. Prasiaga PAUD adalah program yang dirancang khusus untuk anak usia dini agar dapat mengenal dan terlibat dalam pramuka. Tentu materi yang dikenalkan tidaklah sama dengan tingkat Sekolah Dasar, melalui petualangan seru anak-anak belajar mengenal alam sekitar. Sebagaimana yang kita jumpai di Gugus Depan Prasiaga Pangkalan TK Negeri Nglipar, TK Pamardi Siwi, TK PKK Gentungan Kapanewon Nglipar yang hari ini  dilantik dan dikukuhkan. Acara terselenggara di Aula Taman Kanak-kanak TK Negeri Nglipar dihairi oleh Majelis Pembimbing Cabang  (IBU PAUD Gunungkidul) Ketua Kwartir Cabang Gunungkidul, Kakak-kakak Pimpinan dan Andalan Kwartir Cabang, Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Panewu Nglipar) beserta anggota mabiran serta Pengawas dan Penilik Dinas Pendidikan.


Pada kesempatan yang amat baik ini Ketua Kwartir Cabang Gunungkidul (Kepala Dinas Pendidikan) melaporkan prestasi yang berhasil diraih selama Januari hingga Februari 2024. Salah satunya adalah terselenggaranya sosialisasi pendidikan kepramukaan prasiaga di 18 Kapanewon Kabupaten Gunungkidul. Sangat besar harapan melalui kegiatan ini dapat mengembangkan kecakapan sebagai WNI yang tangguh dan saling menghormati satu sama lain. Meskipun baru 2 TK Negeri di Gunungkidul (Playen dan Nglipar) menyelenggarakan kegiatan Prasiaga namun Kakak Nunuk Setyowati S.Pd.MM berkeyakinan sebelum Bulan Juni 2024 seluruh TK Negeri telah mengenalkan kepada peserta didiknya. 


Majelis Pembimbing Cabang /  Ibu PAUD Gunungkidul sangat mendukung terselenggaranya Kepramukaan Prasiaga di Kabupaten Gunungkidul. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan besarnya, melalui kegiatan kepramukaan prasiaga ini nantinya lahir generasi penerus bangsa yang berakhlak, tangguh, dan bermartabat mengingat keberhasilan pendidikan anak usia dini menjadi landasan di jenjang selanjutnya. Kakak Hj Dyah Purwanti Sunaryanta menyampaikan apresiasi  kepada ketua dan jajaran pengurus Kwartir Cabang Gunungkidul atas kerja cerdas selama ini sehingga dapat kurun waktu dua bulan mampu menyelenggarakan musran di 7 kwartir ranting dan berhasil menyelesaikan pendataan yang tertunda sejak tahun 2021 melalui aplikasi SISKA dengan waktu kurang dari 2 bulan. Sebagai informasi, sampai saat ini terdata sebanyak 640 pangkalan (sekolah) dengan total anggota  siagga, penggalang, penegak sebanyak 83.990 dan anggota dewasa sebanyak 5.683. 



Kami ucapkan Selamat untuk Pangkalan Kapanewon Nglipar

Salam Pramuka

Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan

Komentar