Pesantren Ramadan SD Negeri Wonosari 6 (Virtual dan Tatap Muka)

Sebagaimana berita terdahulu, SD Negeri Wonosari 6 telah merencanakan beberapa kegiatan selama Ramadan 1443 H di sekolah. Agenda yang sudah didahului  dengan acara pengajian jelang Ramadan di akhir Maret lalu, kemudian disusul dengan Pesantren Ramadan Virtual, Gerakan Infak Musala(GIM), Pesantren Ramadan, Tadarus Al Quran. Empat  kegiatan terakhir sudah terlaksana dan sedang berjalan selama bulan Ramadan. Yang pada saatnya nanti akan juga disusul dengan kegiatan-kegiatan lainnya sesuai dengan planning dari Takmir Musala Manbaul ‘Ulum SD Negeri Wonosari 6.

Ramadan ceria sekolah yang sudah diawali dengan launching GIM(Gerakan Infak Musala) bagi seluruh keluarga besar sekolah(Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Siswa) sebagai salah satu ikhtiyar untuk membiasakan diri warga sekolah untuk berinfak/bersedekah Subuh. Kegiatan yang sudah dan sedang berjalan berikutnya adalah Tadarus Al Quran seluruh siswa muslim dipandu dengan para guru yang beragama Islam. Kegiatan ini dilaksanakan saban pagi di lima belas menit menjelang pelajaran pertama.

Selain itu kegiatan yang diadakan untuk menyemarakkan Ramadan Ceria Sekolah, berikutnya adalah Pesantren Ramadan Virtual, melaui WAG(WhatsApp Grup). Sesi Pesantren Ramadan Virtual(PRV) sekolah ini dimotori oleh beliau Bapak Drs. Andar Jumailan, MM. Dalam PRV tersebut diberikan materi-materi Ramadan; Tahsin, Kajian Duha, Jelang Ifthar, dan Hadis harian, serta kisah-kisah berhikmah. PRV ini diikuti secara suka rela oleh seluruh anggota sekolah, mulai dari para wali murid, guru, karyawan, dan kepala sekolah yang beragama Islam.

Lebih lanjut Ketua Takmir Manbaul ‘Ulum SD Negeri Wonosari 6, Bapak Nurani, S.Pd., menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan Ramadan yang telah diprogramkan oleh takmir Musala sekolah adalah sebagai salah satu cara untuk menyemarakkan Ramadan Tahun 1443 H. Di mana setelah beberapa waktu sempat terhenti karena adanya kondisi pandemi Covid-19.  Alhamdulillah pada tahun ini sekolah bisa kembali melaksanakan beberapa program kegiatan Ramadan. Harapan diselenggarakannya kegiatan-kegiatan ini adalah salah satu ikhtiyar untuk membiasakan seluruh warga sekolah dalam meningkatkan ibadah-ibadah Ramadan, meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt.

Selanjutnya Pesantren Ramadan luring (tatap muka) sekolah dilaksanakan pada tanggal 7-8 April 2022. Terbagi menjadi dua sesi, sif pagi dan sif siang. Sif pagi diperuntukkan bagi para siswa kelas bawah(1-3) dan sif siang adalah bagi kelas atas(4-6). Materi Pesantren Ramadan pada kesempatan tahun ini menekankan kepada pembelajaran tata cara ibadah harian, lebih khusus tetang wudu baik gerakan dan doa, serta salat; gerakan dan doa. Hal ini dipandang perlu sebagai modal dasar para siswa untuk dapat melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai mahkluk untuk beribadah dengan istikamah, tumakninah dan cara-cara yang benar sesuai dengan ajaran agama. Pesantren Ramadan diikuti oleh seluruh siswa yang beragama Islam, bertempat di Aula sekolah dan Musala Sekolah. Nara sumber pada kegiatan Pesantren Ramadan tersebut adalah Bapak Nurani, S.Pd., dan Bapak Drs. Andar Jumailan, MM yang dibantu oleh bapak dan Ibu guru yang beragama Islam.

Dan pada akhirnya, SD Negeri Wonosari 6 mengucapkan: “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan bagi keluarga besar SD Negeri Wonosari 6, 1443 H. Semoga mencapai derajat Takwa di hadapan-Nya. Aamiin Yaa Rabb.” Oleh: Hidayatun Mahmudah, S.Pd.I

Penulis adalah ASN di Gunungkidul, penikmat aroma kopi, senja, buku, dan alam, tinggal di Gunungkidul

Spurce: https://sdwonosari6wonosari.pendidikan.gunungkidulkab.go.id/

Komentar