Kunjungan Studi Komparasi dari DPRD Kota Magelang ke Dinas Pendidikan

Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul menerima kunjungan kerja dari Komisi C DPRD Kota Magelang, Senin (20/3). Kunjungan tersebut dilakukan untuk menjalin tali silaturahmi dan melakukan studi komparasi berkaitan dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2023/2024.

Di Ruang Rapat Sasana Mangun Karsa Bapak Taufik Aminudin selaku Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan beserta jajarannya, menerima 8 orang perwakilan dari fraksi PDIP, fraksi Demokrat, fraksi Golkar, fraksi Hanura, dan fraksi PKS. Dalam Sambutannya, Joko Mei Budi Utomo selaku wakil ketua fraksi PDIP menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan Dinas Pendidikan untuk menerima kunjungan Komisi C DPRD Kota Magelang, serta kesediaan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai pelaksanaan PPDB tahun pelajaran 2023/2024. 

“kami ingin mengetahui dan menggali informasi terkait PPDB sesuai dengan Permendikbud, kemudian terkait zonasi dan afirmasi, dan terkait kelas khusus olahraga KKO di Kabupaten Gunungkidul karena di kota Magelang ini baru akan membuka kelas olahraga untuk jenjang SMP” pungkasnya.

Kota Magelang merupakan kota kecil yang berada di tengah Kabupaten Magelang. Terdiri dari 3 kecamatan dan 17 kelurahan, kota ini mengalami perkembangan pesat dan menjadi salah satu pusat perekonomian di Magelang. Dalam bidang Pendidikan, Kota Magelang juga terus mengalami pembaharuan seiring dengan perkembangan zaman. Misalnya pada proses penerimaan peserta didik baru, akan dilakukan dengan sistem online menggunakan aplikasi. Dalam pelaksanaannya, PPDB online juga terus diperbaharui supaya kualitas dalam pelayanan menjadi lebih baik.

Di Kabupaten Gunungkidul sendiri, PPDB secara online telah dilakukan sejak tahun 2019. Pada setiap tahunnya juga dilakukan pembaharuan untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada saat pelaksanaan dan mengantisipasi permasalahan yang muncul pada tahun selanjutnya. Tahun ini, PPDB dilakukan sesuai Pemendikbud Nomor 1 tahun 2021.

Komentar