Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) Program Paket A, Paket B dan Paket C Tahun Pelajaran 2022/2021

WONOSARI – Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul melalui Bidang PAUD dan PNF menyelenggarakan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) Program Paket A/Ula setara SD, Program Paket B/Wustha setara SMP, Program Paket C/Ulya setara SMA Tahun Pelajaran 2022/2021.

UPK Program Paket C/Ulya setara SMA dilaksanakan pada tanggal 28-31 Maret 2022 sedangkan UPK Program Paket/Ula setara SD dan Program Paket B/Wustha setara SMP akan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Mei 2022 mendatang.

Adapun lembaga yang menyelenggarakan UPK ada 23 lembaga PKBM dan 1 SKB dengan jumlah peserta UPK Program Paket/Ula setara SD yaitu 52 orang, UPK Program Paket B/Wustha setara SMP yaitu 196 orang dan UPK Program Paket C/Ulya setara SMA yaitu 1.277 orang.

Irma Madyastuti Rahayu, S.STP selaku Kepala Bidang PAUD dan PNF menyampaikan selama UPK berlangsung Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul melalui Bidang PAUD dan PNF akan melaksanakan kegiatan monitoring ke tempat pelaksanaan ujian untuk memantau pelaksanaan UPK Tahun Pelajaran 2022/2021.

‘’Monitoring akan dilaksanakan selama UPK berlangsung. Monitoring ini kami bagi menjadi 2 tim dan pembagiannya sesuai dengan jadwal.’’Jelas Irma, Senin (28/03).

Dengan adanya UPK ini diharapkan bisa meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) di Kabupaten Gunungkidul.

Irma berharap pelaksanaan UPK tahun ini bisa berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan apapun dan peserta UPK bisa mengerjakan ujian dengan baik, lulus dan mendapatkan hasil yang maksimal.

‘’Kami berharap dengan UPK ini peserta dapat melanjutkan pendidikannya atau melanjutkan apa yang sudah menjadi cita-citanya dan menjadi orang yang sukses.’’ ucap Irma.

Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 pelaksanakan UPK Tahun Pelajaran 2022/2021 di Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Komentar