Pelatihan Google Sites untuk Siswa

Seiring dengan dimulainya Semester dua Tahun Ajaran 2021/2022 maka pembelajaran pun juga dimulai sejalan dengan perencanaan yang telah dilakukan di awal tahun. Sebagai sekolah yang tergabung dalam PSP (Program Sekolah Penggerak), program yang telah direncanakan di awal tahun pelajaran adalah pelaksanaan proyek Penguatan Pelajar Pancasila oleh kelas 1 dan 4. 

Pada semester dua Tahun Ajaran 2021/2022, proyek yang akan dikerjakan adalah pembuatan mading (kelas 1) dan pembuatan google sites (kelas 4) dengan tema rekayasa teknologi untuk kemajuan NKRI. Guna kelancaran pelaksanaan proyek tersebut, siswa kelas 4 pun mendapatkan pelatihan penggunaan Google Sites. Pelatih dalam kegiatan ini adalah guru kelas 4, yaitu Agericharisma, S.Pd (guru 4A), Anny Rochmayanti, S.Pd. (guru 4B), Sidiq Trapsilo, S.Pd (guru kelas 4C), dan Arif Munandar S, S.Kom (pengelola TIK). 

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 4-6 Januari 2022. Para siswa terbagi dalam dua ruang dengan materi, sebagai berikut: pengenalan Google Sites,membuat artikel, dan menyisipkan gambar (hari pertama), penggunaan Google Docs dan menyisipkan Google Docs ke dalam Sites (hari kedua), dan pembuatan Google Sites bertema permainan tradisional sebanyak dua halaman (hari ketiga). Pelatihan ini diikuti oleh 84 siswa kelas 4 SD N Wonosari I. 

Pada akhir hari ketiga, seluruh siswa memiliki sebuah Google Sites bertema permainan tradisional yang siap di publish atau diunggah ke internet. Selamat kepada para siswa kelas 4. Semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dapat digunakan dengan baik. (AR)

 

Source: http://sdwonosari1wonosari.pendidikan.gunungkidulkab.go.id/

Komentar