SOSIALISASI ASESMEN STANDAR PENDIDIKAN DAERAH (ASPD)

WONOSARI- Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) kabupaten Gunungkidul melalui Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Sasana Krida Wiyata Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dengan diikuti oleh kepala SMP dan Mts se-Kabupaten Gunungkidul. Asesmen Standar Pendidikan Daerah untuk jenjang SMP dilaksanakan mulai tanggal 05 April 2021 sampai 08 April 2021 dengan menggunakan system Computer Based Test (CBT) dan susulan pada tanggal 15 April 2021 sampai 16 April 2021. Dalam ASPD tahun 2021 untuk sekolah jenjang SMP ada empat mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kisworo, M.Pd. selaku Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama menyampaikan bahwa ASPD tidak digunakan untuk menentukan kelulusan tetapi sebagai dasar perbaikan pembelajaran di kelas.

“tujuan ASPD ini adalah untuk memantau perkembangan mutu dan kesenjangan antar system pendidikan dimasing - masing Kabupaten, sebagai bahan pertimbangan alat ukur seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya”. Kata Kisworo, Senin (22/03/2021).

Beliau menjelaskan lebih lanjut bahwa dalam masa pandemi saat ini sekolah-sekolah harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus COVID-19 dengan ketat.

“untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris diujikan dengan masing-masing 40 soal serta Matematika dan IPA masing-masing 30 soal dengan waktu 100 menit setiap mata pelajaran”. Jelas Kisworo.

Beliau berharap dengan adanya ASPD tersebut pelaksanaannya berjalan dengan lancar serta integritas dan kejujuran siswa untuk dapat dijaga.

Komentar