RESMI DILUNCURKAN BUPATI ANAK SEKOLAH DIHARAPKAN DAPAT BERSUKA CITA NAIK BUS SEKOLAH

Wonosari (01/04/2022) Setelah pelaksanaan uji coba dan koordinasi yang cukup panjang, akhirnya Gunungkidul memiliki Bus Sekolah. Hari ini  kamis 31 Maret 2022 Bupati Gunungkidul melaksanakan Peresmian dan Launching Bus Sekolah bersama dengan peresmian ATCS dan SIM E-PKB. Bus sekolah yang saat ini beroperasi sementara masih 3 (tiga) unit. Dimana pengoperasiannya menyasar kepada beberapa sekolah baik di perkotaan maupun diperdesaan. Dalam pelayanannya tiga bus sekolah milik Pemerintah Kabupaten ini melayani dengan APBD Gunungkidul dan kepada anak anak sekolah yang naik tidak dipungut biaya atau gratis.

Selain bus sekolah berplat merah, Dishub Gunungkidul juga menggandeng paguyuban paguyuban angkudes yang tergabung dalam Organda. Dimana angkudes beroperasi pada wilayah atau zona zona kecamatan dengan menggandeng sekolah dan orang tua siswa. Sehingga anak sekolah dibawah umur mengemudi tidak lagi menggunakan kendaraan bermotor yang dapat berakibat akan kecelakaan. Untuk pelayanan bus sekolah yang dilaksanakan angkudes atau angkutan umum ini berbayar tetapi dengan perhitungan seringan ringannya dan pelaksanaan pengantaran serta penjemputan sekolah dilaksanakan sesuai jam sekolah. Demikian dijelaskan Kadishub Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto, AP, M.Si.

Dalam sambutannya  Bupati berpesan, bus sekolah agar dikembangkan dan dapat menggandeng organda sehingga menghidupkan kembali ekonomi angkutan, selain itu Gunungkidul juga berpotensi akan wisatanya, sedang geografis serta kontur jalan yang berbukit bukit tentunya menjadi tantangan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Khususnya Dinas Perhubungan untuk berinovasi dengan melaksanakan atau menghidupkan terminal shuttle yang sudah lama diprogramkan.

Source: https://dishub.gunungkidulkab.go.id

Komentar