QUIZ KIHAJAR UNTUK MENJAGA NYALA API BELAJAR SISWA GUNUNGKIDUL

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ( Disdikpora) kabupaten Gunungkidul melalui bidang SMP mengadakan Lomba Quiz Ki Hajar atau Kita Harus Belajar. Lomba dilaksanakan hari kamis, 25 Maret 2021. Kegiatan ini merupakan ikhtiar ditengah-tengah kekhawatiran terjadinya lost learning atau hilangnya pembelajaran secara berkepanjangan yang berisiko terhadap pembelajaran jangka panjang, baik kognitif maupun perkembangan karakter.


Menurut kepala bidang SMP Disdikpora, Kisworo.MPd, Lomba ini bertujuan untuk memberi wadah bagi para siswa jenjang SMP untuk berekspresi dalam literasi digital. Disamping itu juga untuk terus menjaga nyala api belajar bagi siswa di kabupaten Gunungkidul dalam situasi pandemi covid 19 yang sudah hampir satu tahun jarang tatap muka. Lomba ini juga bisa mengalihkan anak-anak dari aplikasi game yang tidak produktif menjadi lebih edukatif selama pembelajaran dengan media gawai.


Teknis lomba secara virtual dengan aplikasi Quizis, dan hasilnya dapat dilihat secara live dan real time melihat pergerakan scor anak. Sehingga guru pendamping, orang tua bahkan masyarakat umum dapat melihat secara langsung hasil kompetisi anaknya. Menurut Kisworo metode ini cocok menumbuhkan karakter sportifitas, akuntabilitas dan transparant.


Dari peserta sebanyak 178 diambil 10 besar terbaik untuk mendapatkan trofi, sertifikat dan uang pembinaan. Hasil lomba dari kesepuluh peserta terbaik yaitu 1. Najwa Zahratul Amalliya (SMP Muh. Al Mujahidin), 2. Kasihta Enggar Prasasti (SMPN 4 Panggang), 3. Alisha Reina Prasanti ( SMPN 1 Karangmojo), 4. Rizki Putriana (SMPN 2 Playen), 5. Tiffany Adelia Sarosa ( SMPN 1 Wonosari), 6. Stefanie Meita Pramudyanti (SMP Kanisius Wonosari), 7. Talita Ganes Faustina (SMPN 2 Panggang). 8. Ellisa Fitriasih Yahya (SMPN 1 Paliyan), 9. Karin Aisyah Fajrina (SMP Muh.Saptosari), 10. Gilang Maheswara Adlan Santoso (SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari). Penyerahan hadiah lomba dilaksanakan Jumat 25 Maret 2021, bertempat di Ruang Among Karsa, Gedung Disdikpora Kabupaten Gunungkidul.

Komentar