PELATIHAN PENGEMASAN PEMBELAJARAN SENI ANAK USIA DINI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MASA PANDEMI COVID-19

RONGKOP - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Pelatihan Pengemasan Pembelajaran Seni Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan program kerjasama Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Hadir dalam kegiatan ini Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.P selaku Rektor UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd selaku Dekan FIP UNY, Joko Pamungkas, M.Pd selaku Kepala Prodi PAUD UNY, Nani Asyfiah, S.Sos. M.Si selaku Kepala Bidang PAUD dan PNF Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dan Jarwanti, S.Pd selaku Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang PAUD dan PNF Disdikpora Kabupaten Gunungkidul serta tamu undangan.

Nani Asyfiah, S.Sos. M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada UNY atas suntikan ilmu kepada pendidik PAUD sehingga semakin bersemangat dalam menjalankan tugasnya menjadi pendidik PAUD.

‘’Mudah-mudahan kerjasama ini akan terus berlanjut demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Gunungkidul’’ Jelas Nani, Rabu (26/08/2020).

Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.P dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya PAUD adalah pembinaan karakter, jika karakter sejak dini yang merupakan pondasi ini kita kembangkan dan kuat maka selanjutnya akan tetap kuat.

‘’Usia PAUD adalah saat yang tepat menanamkan budi pekerti untuk menjadi pondasi sehingga guru benar-benar memegang peranan penting dalam membentuk karakter bangsa, ketika individu baik maka bangsa akan menjadi baik dan kuat’’. Jelas Sutrisna.

Sutrisna juga menyampaikan bahwa inovasi dan kreatifitas memegang peranan 45% untuk menjadikan anak tumbuh baik dan cerdas.

‘’Semoga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan inovasi dan kreatifitas pada anak didik dan semoga Gunungkidul menjadi daerah seni yang bisa menjadi contoh untuk daerah lain’’. Ucap Sutrisna mengakhiri sambutan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.P didampingi Nani Asyfiah, S.Sos. M.Si, Dr. Sujarwo, M.Pd, dan Joko Pamungkas, M.Pd sebagai tanda dibukanya kegiatan pelatihan secara resmi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tanggal 24,25,26 Agustus 2020 ini bertempat di TK Negeri Rongkop. Kegiatan ini diikuti oleh 121 peserta dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan.

Program kerjasama Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini sudah berjalan 2 tahun dan diharapkan akan terus berjalan untuk tahun-tahun selanjutnya.

Komentar