Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegiatan dibidang pendidikan dan pelayanan publik terkait pendidikan

Sosialisasi Akreditasi sebagai Upaya Pemetaan dan Peningkatan Mutu Satuan Pendidikan

            Dalam rangka mempersiapkan sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah, Dinas Pendidikan melalui Seksi Kelembagaan Sarana Prasarana Bidang Sekolah Menengah Pertama menyelenggarakan sosialisasi Akreditasi Tahun Anggaran 2023. Kegiatan diselenggarakan Kamis (31/08) di ruang Sasana Tut Wuri Handayani dengan menghadirkan narasumber dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.


            Kepala Seksi Kelembagaan Sarana Prasarana Bidang SMP (Wahyudi,M.Pd) melaporkan kegiatan yang diikuti oleh 110 satuan pendidikan negeri dan swasta di Kabupaten Gunungkidul diselenggarakan dengan anggaran kegiatan Bidang SMP khususnya seksi kelembagaan sarana prasarana. Harapannya setelah mengikuti kegiatan sosialisasi, satuan pendidikan lebih semangat dan mantap dalam mempersiapkan standar penilaian yang rutin diselenggarakan selama lima tahun sekali. “Paling tidak satuan pendidikan mampu mengemas nilai akreditasi minimal 91 (A)” tutur Wahyudi, M.Pd sebagai intermezo. Beliau menginformasikan bahwa sekolah yang memiliki nilai akreditasi B tinggal beberapa saja. Untuk itu besar harapan agar sekolah mempersiapkan dengan baik agar hasil yang diperoleh sesuai harapan, mengingat akreditasi sangat menentukan mutu sekolah sebagaimana yang termuat dalam Undang-undang no 20 tahun 2003.


            Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dra. Sri Pudyastuti,MM memberikan arahandan motivasi kepada peserta sosialisasi sekaligus membuka acara secara resmi. Beliau berpesan agar setiap satuan pendidikan memperhatikan pedoman akreditasi dengan saksama karena yang dijadikan acuan oleh BAN SM dan Asesor dalam penilaian. Harapannya semua satuan pendidikan yang akan melaksanakan akreditasi bisa berjalan dengan lancar, dapat memberikan informasi serta kelayakan, dapat memetakan dan meningkatkan mutu setiap satuan pendidikan.

Komentar