Berkenalan dengan ARKAS sampai Tuntas agar Akuntabilitas

(Wonosari) Dinas Pendidikan melalui Bidang PAUD dan PNF menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) BOP PAUD Tahun 2023, Senin (6 Maret 2023) di Ruang Rapat Tut Wuri Handayani Lantai III Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan terselenggara atas kerjasama Bidang PAUD dan PNF bersama Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai mitra pengembangan ARKAS dengan peserta dari masing-masing kapanewon sebanyak 4 orang (2 orang dari pendidikan formal dan 2 orang dari pendidikan non formal) sehingga total peserta yang hadir sebanyak 72 orang.


                Plt Sekertaris Dinas Pendidikan (Taufik Aminudin, ST.MT) menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada perwakilan dari Kemendikbud Ristek yang telah meluangkan waktu untuk hadir menyampaikan sosialisasi dan berbagi ilmu jauh-jauh sampai ke pegunungan sewu. Beliau sangat berharap peserta mengikuti kegiatan dengan baik dan memanfaatkan kesempatan untuk memperdalam aplikasi yang nantinya akan digunakan untuk mengelola dan melaporkan kondisi keuangan sekolah. Terlebih di era digitalisasi seperti saat ini, semua bisa direncanakan, dikontrol dan dilaporkan dengan mudah melalui sebuah aplikasi. Begitupun dengan ARKAS, selama proses membelanjakan dan memanage keuangan tetap berpegang pada juknis BOP PAUD  sebagaimana yang sudah tertuang dalam Permendikbud Ristek nomor 63 Tahun 2022 tentang pedoman Pengelolaan BOP, dipastikan kendala atau kekeliruan yang sering dijumpai bisa diminimalisir.



                Pada kesempatan yang sama, Beliau juga berpesan kepada peserta sosialisasi yang hadir untuk tetap fleksibel dan transparan. Seyogyanya dalam perencanaan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing-masing agar bermanfaat. Pelaksanaan dan pelaporannya juga harus transparan dan akuntabilitas. “Bapak dan Ibu semua silahkan belajar sampai tuntas. Nantinya ilmu yang diperoleh tularkan kepada teman-teman yang belum hadir” pungkas beliau. 

Komentar