PENGURUS DAERAH IKATAN PUSTAKAWAN INDONESIA KABUPATEN GUNUNGKIDUL MELAKUKAN AUDIENSI KE DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Kabupaten Gunungkidul  yang diwakili oleh Adriana, Agung Wibawa, dan Siti Indarwati melakukan audiensi ke Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul yang dtemui oleh Sekretaris Disdikpora Sudya Marsita dan Kepala Bidang SMP Kisworo di ruang Kepala pada hari Jumat (04/12/2020). Adriana sebagai Koordinator Seksi Advokasi, Sosialisasi, dan Pengabdian Masyarakat menyampaikan maksud dan tujuan audiensi yaitu untuk menjalin kerjasama dengan Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, salah satunya memperoleh dukungan keikutsertaan sekolah baik di tingkat SD maupun SMP dalam kegiatan Pelantikan PD IPI Kabupaten Gunungkidul Periode 2020 – 2023 dan Seminar Nasional.

Dijelaskan pula oleh Agung selaku Ketua PD IPI Kabupaten Gunungkidul bahwa organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia yang anggotanya terdiri dari pustakawan profesional, pengelola perpustakaan baik sekolah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA), perguruan tinggi, perpustakaan kalurahan, perpustakaan dinas/instansi, komunitas maupun perpustakaan tempat ibadah. Adapun sebagai Pembina PD IPI Kabupaten Gunungkidul adalah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip), Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kepala DP3AKBPM&D, serta Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Gunungkidul.

Indarwati sebagai ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan tersebut akan digelar pada hari Kamis, 17 Desember 2020 dengan nama kegiatan Pelantikan PD IPI Kabupaten Gunungkidul Periode 2020 – 2023 dan Seminar Nasional “Akreditasi Perpustakaan: Strategi Pustakawan dalam Meraih Hasil yang Optimal”. Kegiatan ini akan diselenggarakan secara onsite yang dihadiri oleh Pembina PD IPI Kabupaten Gunungkidul, Ketua PD IPI DIY, dan calon pengurus terlantik di Lantai 3 Bank Daerah Gunungkidul, dan secara daring/virtual yang akan diikuti oleh tamu undangan dan peserta seminar dengan menggunakan zoom meeting kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul. Sebagai keynote speakers adalah Kepala Dispussip Kabupaten Gunungkidul, Ali Ridlo, dan menghadirkan narasumber Assesor Akreditasi Perpustakaan LAPN, Agus Rifai sedangkan moderator adalah Pustakawan Madya Dispussip Kabupaten Gunungkidul, Heryanti. Peserta seminar terbatas untuk 300 orang dengan biaya pendaftaran Rp. 25.000 dan mendapatkan fasilitas e-sertifikat, materi, dan kuota pulsa untuk 3 orang @ Rp. 50.000. Penyelenggara berharap agar Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dapat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut dengan mengikutsertakan minimal 1 (satu) orang untuk setiap sekolah sebagai peserta seminar.

Sudya memberikan tanggapan atas audiensi tersebut dan akan menindaklanjuti surat permohonan kerjasama dengan membuatkan surat edaran bagi sekolah baik SD maupun SMP terkait informasi seminar nasional serta permohonan untuk setiap sekolah agar dapat mengirimkan minimal 1 (satu) orang peserta seminar. Lebih lanjut dikatakan bahwa Disdikpora Kabupaten Gunungkidul akan selalu mendukung setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh PD IPI Kabupaten Gunungkidul di masa yang akan datang. (iin)

Source: https://dpk.gunungkidulkab.go.id/

Komentar