Sosialisasi dan Bimtek Perpustakaan Digilib (Digital Library) Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul Tahun 2022

Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul berharap seluruh sekolah di Kabupaten Gunungkidul dapat memanfaatkan transformasi digital yang saat ini sedang berlangsung. Salah satunya melalui penerapan perpustakaan digital di sekolah.

Disampaikan oleh Nunuk Setyowati, S.Pd. MM selaku kepala Dinas Pendidikan, di era digital seperti sekarang ini muara pembelajaran terfokus pada kenyamanan peserta didik dalam memperoleh ilmu. Selain melalui pembelajaran di kelas, banyak peserta didik yang memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Hal ini tentu menjadi tugas sekolah untuk memberikan pelayanan prima bagi peserta didik.

Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi bagi perpustakaan dapat menimbulkan kekhawatiran terhadap eksistensi perpustakaan itu sendiri, sebab peserta didik dapat memperoleh informasi lebih mudah tanpa harus pergi ke perpustakaan. Oleh sebab itu, perpustakaan dan pustakawan wajib berbenah dan memperbaharui layanan di perpustakaan supaya dapat mengimbangi kemajuan teknologi dan informasi tersebut.

Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul melalui bidang Sekolah Dasar menyelenggarakan sosialisasi dan bimtek perpustakaan digital (digital library) tahun 2022. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Tut Wuri Handayani Dinas Pendidikan ini diikuti oleh pustakawan Sekolah Dasar se-Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah ratusan orang yang pelaksanannya terbagi menjadi tiga hari, Senin (5/12) s.d. Rabu (7/12) sesuai jadwal.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pustakawan sekolah dalam mengelola perpustakaan di era kemajuan teknologi informasi.

Komentar