Hj. Diah Sunaryanta Lantik Empat Kepala TK PKK Kabupaten Gunungkidul

Ketua TP PKK Kabupaten Gunungkidul Hj. Diah Sunaryanta Resmi Melantik Ketua PKK 4 Kapanewon

Wonosari – Sebanyak 4 orang Kepala Sekolah TK PKK resmi dilantik oleh Ibu Bupati Gunungkidul Hj. Diah Sunaryanta. Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan ini berlangsung di aula SKB Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Senin (21/2/22).

Keempat kepala sekolah yang dilantik yaitu Ibu Wahyuni, S.Pd. dari TK PKK Giripanggung Tepus, Ibu Ririn Setyawati, S.Pd. dari TK PKK Putra Pertiwi Ngestirejo Tanjungsari, Ibu Sumaryanti, S.Pd. dari TK PKK Catur Tunggal Kemadang Tanjungsari, dan Ibu Fitriya Daniasari, S.Pd. dari TK PKK Hargomulyo Gedangsari.

Dalam kesempatan ini, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Saptoyo, S.Sos., M.Si. menyampaikan ucapan selamat dan berharap setelah pelantikan ini kepala sekolah terlantik dapat mengemban amanah selama 4 tahun dengan baik.

“Panjenengan berempat bisa melaksanakan tugas dengan baik, lancar, dan dimudahkan dalam segala urusan. Tentu ini (menjadi kepala sekolah) merupakan hal yang berat namun sangat mulia”, terangnya.

Menurut Saptoyo, menjadi guru PAUD tidaklah mudah. Sebab tugas guru PAUD tidak hanya mengajar, namun juga memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Guru PAUD memberikan landasan pedoman dasar basic bagi anak-anak, selain dari keluarga dan orang tua. Diharapkan guru PAUD dapat menanamkan jiwa berintegritas, pancasilais, bermolaritas, dan berbudaya.

Kemudian dalam sambutannya, Diah Sunaryanta menerangkan bahwa kepala sekolah merupakan guru yang diberi tugas untuk mempimpin pembelajaran dan mengelola satuan pendidikan.  Kepala sekolah melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, serta supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Hal ini mengandung maksud bahwa maju mundurnya sekolah sangat ditentukan peran kepala sekolah. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang bagus sehingga mampu menggerakkan semua komponen yang ada di sekolah. Beliau berharap kepada kepala sekolah terlantik dapat memiliki tanggungjawab dan amanah, serta memiliki dedikasi dalam menjalankan tugas.

“Saya berharap kepala sekolah terlantik tetap optimis untuk mengukir prestasi, memberikan karya, dan layanan pendidikan anak usia dini terbaik bagi sekolah masing masing, serta bagi yayasan PKK, dan bagi Kabupaten Gunungkidul pada umumya”, ungkapnya.

Komentar