Sosialisasi akreditasi bagi lembaga PAUD dan PNF

Wonosari – Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi akreditasi PAUD dan PNF tahun 2022. Kegiatan ini diselengarakan pada hari Sabtu 22 April 2022 dengan diikuti oleh perwakilan dari lembaga TK, KB, SPS dan TPA sasaran akreditasi sejumlah 141 lembaga serta atas kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul dengan BANP DIY. Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah dalam rangka mendorong pemenuhan satuan pendidikan yang terakreditasi. Dengan sasaran yang telah ditetapkan, diharapkan Dinas siap memberikan pendampingan bagi satuan pendidikan untuk mendapatkan pembinaan sehingga siap untuk diakreditasi.

Pada kegiatan tersebut Eddy Praptono, M.Si selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul turut hadir untuk membuka kegiatan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ada dua hal penting yang perlu dicapai dalam akreditasi yaitu pemenuhan standar mutu pendidikan untuk mencapai tujuan akhir pendidikan sesuai konsep belajar sepanjang hayat dan pemahaman nilai-nilai Pancasila. Serta sebagai referensi pelaporan dan evaluasi agar tahapan yang dilalui dalam proses akreditasi dapat digunakan sebagai bahan evaluasi keberhasilan lembaga.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua BANP DIY, Nurkholimah, M.Pd, menyampaikan bahwa akreditasi merupakan kebutuhan bersama yang diharapkan tahun ini tujuan akreditasi dapat secara tuntas tercapai. Beliau juga mengungkapkan bahwa setiap kabupaten memiliki strategi dalam memenuhi target akreditasi, serta mengapresiasi strategi Kabupaten Gunungkidul yang bersinergi untuk penuntasan akreditasi dengan melibatkan penilik, pengawas dan assesor.

Komentar