UPACARA PERINGATAN HARI BELA NEGARA

WONOSARI – Ratusan peserta upacara dari berbagai komponen masyarakat se Kabupaten Gunungkidul mengikuti Upacara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke 71 di Alun-alun Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul. Hadir dalam upacara ini yaitu Bupati Gunungkidul, Wakil Bupati Gunungkidul, Ketua DPRD Gunungkidul beserta jajarannya. Letkol (Inf) Nopy Laksana Armyanta  selaku Komandan Kodim (Dandim) Gunungkidul bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Letkol (Inf) Nopy Laksana Armyanta menyampaikan sambutan atas nama Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Achmad Djamaludin. Dalam amanatnya Letkol (Inf) Nopy Laksana Armyanta  mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara semakin berat dan beragam bentuknya, sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno bahwa perang modern bukan sekedar perang militer melainkan peperangan yang menyangkut aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian bukan hanya militer yang berperan membangun ketahanan nasional tetapi menuntut peran semua masyarakat demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

‘’Penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari berbagai profesi tanpa memandang usia, suku bangsa dan ras sebagai hak kewajiban tiap warga negara.’’ tambah Nopy, Senin (23/12/2019).

Faktor yg paling utama dalam kemajuan Indonesia adalah sumber daya manusia yang unggul sehingga tanpa sikap perilaku bela negara maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alam yang melimpah tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan.

Komentar