PENERBITAN TANDA TANGAN ELEKTRONIK KEPALA SEKOLAH, SEKOLAH DASAR (SD) DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

KARANGMOJO - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahrahga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul melaksanakan Workshop Penerbitan Tanda Tangan Elektronik Kepala Sekolah, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan ini merupakan kerjasama Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dengan K3S Kabupaten Gunungkidul, dengan menghadirkan narasumber dari BSRE dan BSSN pusat untuk memandu penerbitan tanda tanggan elektronik. Hadir dalam kegiatan ini Sumarno, S.Pd., M.M. selaku Kepala Subbagian Perencanaan Sekretariat Disdikpora Kabupaten Gunungkidul yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya Sumarno, S.Pd., M.M. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas dasar banyak tanda tangan elektronik kepala sekolah yang belum terbit. Beliau juga menyampaikan bahwa tanda tangan elektronik merupakan program Pemerintah Daerah Gunungkidul dimana dalam melaksanakan program Smart City yang salah satu program unggulannya yaitu Gunungkidul Cerdas yang dikelola oleh Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, dengan di dalamnya ada sertifikat elektronik.

“Di era teknologi informatika ini kedepannya akan terlaksananya paperless atau tanpa kertas melainkan dengan soft file”. jelas Sumarno, Senin (02/03/2020).

Sumarno, S.Pd., M.M. juga menyampaikan bahwa untuk menanggapi era teknologi informasi ini Disdikpora Kabupaten Gunungkidul akan mulai menerapkan E-Administrasi atau bisa disebut Administrasi Elektronik. Dimana E-Administrasi tidak bisa terlepas dari tanda tangan elektronik bagi yang harus mempertanggungjawabkan.

“Harapannya tanda tangan elektronik dapat digunakan dengan sebaik-baiknya”. tegas Sumarno mengakhiri sambutannya.

Kegiatan yang bertempat di gedung serbaguna SMPN 1 Karangmojo ini diikuti oleh kepala sekolah SD dan SMP Negeri Se-Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 2 Maret 2020 sampai tanggal 9 Maret 2020. Bersamaan dengan kegiatan ini dilaksanakan juga Workshop Penerbitan Tanda Tangan Elektronik untuk Bendahara SD Negeri dan SMP Negeri yang bertempat di lantai 2 gedung utara Ruang Sasana Kridha Wiyata Disdikpora Kabupaten Gunungkidul.

Komentar