KEPALA DINAS DIKPORA GUNUNGKIDUL MENDAMPINGI BUPATI GUNUNGKIDUL PENYEMATAN ALMAMATER KE MAHASISWA UNY

SEMANU – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid, S.Pd. MM menghadiri Peresmian Gedung Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Kampus Gunungkidul. Gedung kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang bertempat di Padukuhan Kepuh, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul ini diresmikan pada Senin (31/08/2020) pagi.

Acara peresmian ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos dan Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. serta pejabat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul.

Sutrisna Wibawa dalam sambutannya menyampaikan bahwa program studi (prodi) Vokasi yang dibuka di Kampus UNY Gunungkidul adalah prodi yang terkait dengan pariwisata, marketing, akutansi, dan komputer. Target mahasiswa UNY Kampus Gunungkidul yang dari Gunungkidul sudah hamper terpenuhi dan minat yang dari luar Gunungkidul juga sangat luar biasa.

"Disdikpora dan PGRI Gunungkidul juga sudah bersedia meminjamkan tempat jika kapasitas gedung baru ini belum mencukupi," kata Sutrisna.

Sutrisna berharap dengan adanya kampus UNY di Gunungkidul dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mengembangkan daerah dan sumber daya manusia (SDM) di Gunungkidul.

‘’Peningkatan kualitas pendidikan itu mutlak karena pendidikan adalah masa depan,

dengan pendidikan peradaban bangsa terbentuk, kecerdasan bangsa dapat diwujudkan dan tentu berdampak pada pembangunan.’’ Kata Sutrisna mengakhiri sambutan.

Badingah dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya kampus UNY di Gunungkidul pada beberapa tahun kedepan diharapkan dapat mencetak SDM yang unggul dan berkualitas, memiliki kompetensi,  tekun dalam dunia kerja dan bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan kreatifitas dan inovasinya.

Hal ini mendukung Misi Pemerintahan Gunungkidul yaitu meningkatkan SDM yang unggul dan berdaya saing.

‘’Selain meningkatkan pendidikan kami berharap dengan adanya  kampus UNY di Gunungkidul dapat memicu pertumbuhan pusat ekonomi baru dan kesejahteraan masyarakat sekitar.’’ Jelas Badingah mengakhiri sambutan.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di pintu utama gedung oleh Bupati Gunungkidul didampingi Rektor UNY serta penyematan jas almamater kepada mahasiswa baru oleh Bupati Gunungkidul didampingi oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Gunungkidul.

Bahron Rasyid dalam wawancaranya menyampaikan bahwa dengan diresmikan UNY di Gunungkidul merupakan komitmen antara pemerintah Gunungkidul dengan UNY dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi warga Gunungkidul untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri di Gunungkidul. Indeks pembangunan manusia  dari sisi pendidikan  di Gunungkidul masih sangat tertinggal terutama di lama pendidikan rata-rata lama pendidikan warga Gunungkidul hanya 7 tahun 3 bulan.

‘’Dengan adanya PTN di Gunungkidul diharapkan dapat meningkatkan minat anak-anak Gunungkidul untuk kuliah sehingga dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia di Gunungkidul.’’jelas Bahron.

Bahron juga menyampaikan bahwa budaya Gunungkidul adalah merantau, yang telah selesai sekolah akan merantau dan yang tinggal di Gunungkidul adalah mereka yang tidak sekolah.

‘’Dengan adanya Vokasi di Gunungkidul kami berharap dapat melahirkan sarjana-sarjana terapan yang akan mampu mengolah sumber daya yang ada di Gunungkidul sehingga nantinya setelah lulus akan tetap tinggal di Gunungkidul dan angka rerata indeks pembangunan manusia di Gunungkidul akan meningkat.’’ Tambah Bahron mengakhiri wawancara.

 

Komentar