Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut Resmi Ditutup Oleh Bunda PAUD

Diklat berjenjang tingkat lanjut yang diikuti oleh 140 pendidik PAUD selama 8 hari secara resmi ditutup oleh Bunda PAUD (Hj. Dyah Purwanti Sunaryanta), Jumat 11/2 di Ruang Rapat Handayani Dinas Pendidikan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Saptoyo, S.Sos.M.Si) ucapkan terimakasih kepada Bunda PAUD yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara di sela-sela kesibukan. Dalam sambutannya beliau melaporkan bahwa diklat sudah terselesaikan dengan baik dengan hasil post test peserta diklat yang meningkat dibanding pre test. Semoga seiring dengan peningkatan hasil tersebut tujuan diklat juga tercapai. Diharapkan ketika kembali ke lembaga, Pendidik lebih memahami kurikulum PAUD, Lebih inovatif dalam menyusun Rencana Kegiatan Anak, Kreatif dalam memilih media belajar dan lebih mendalam dalam melakukan evauasi perkembangan anak. Selain itu, peserta diklat diharapkan untuk membagi ilmu yang diperoleh kepada teman di lembaga, gugus atau paguyuban yang belum berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut mengingat peran guru PAUD sangatlah penting untuk membentuk karakter anak. Menurut Saptoyo, anak PAUD ibarat kaset kosong yang harus diisi. Di situlah peran pendidik PAUD yang kerja kerasnya akan menjadi pahala yang terus mengalir.

Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut Resmi Ditutup Oleh Bunda PAUD

Senyum merekah peserta diklat membuat wajah terlihat sumringah. Terlebih di hari terakhir pelaksanaan diklat mereka begitu antusias bertemu dengan Bunda PAUD secara langsung. Dalam kesempatan tersebut, Dyah Purwanti Sunaryanta sangat mengapreasi dan kagum dengan pendidik PAUD di Gunungkidul yang dituntut untuk selalu ceria, sabar namun tetap kompeten dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak. Harapannya, apa yang telah diperoleh selama diklat 8 hari dapat diterapkan di lembaga melalu kegiatan yang dapat menanamkan nlai karakter anak di masa golden age atau usia emasnya. Beliau berpesan agar nilai wawasan kebangsaan dan nasionalisme pun selalu ditanamkan dengan metode yang sesuai dengan level perkembangan anak. Terlebih sebagian besar peserta masih berusia sanga muda, semangat untuk berprestasi dan menciptakan perubahan sangatlah besar di era modern seperti saat ini yang semuanya serba menggunakan HP, “jangan sampai anak mengkonsumsi yang belum saatnya” ujar Bunda PAUD sebelum mengakhiri kegiatan.

Komentar