Operator Dapodik SD Sambut Hadirnya Versi Terbaru 2024 c

Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul melalui Subbagian Perencanaan Sekretariat menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Dapodik Versi Terbaru 2024.c untuk jenjang Sekolah Dasar melalui dua jalur (luring dan daring). Sosialisasi secara luring diikuti oleh 18 Koordinator Kapanewon selebihnya bergabung secara daring di masing-masing sekolah. Kendati demikian setiap koordinator diharapkan dapat mengimbaskan informasi dengan maksimal. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul (Taufik Aminudin, SIP.MT) membuka kegiatan yang diselenggarakan di Sasana Tut Wuri Handayani Lantai III Dinas Pendidikan dengan menghadirkan narasumber Bapak Nanang Arif Sunhaji beserta kawan-kawan yang tentu sudah sangat akrab dengan Operator Dapodik di Gunungkidul. Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa Dapodik sebagai aplikasi yang dirilis oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini sudah melalui update versi kesekian kalinya pun tidak menutup kemungkinan kedepan masih akan ada perubahan dan penyempurnaan. Sebagai potret pendidikan yang menyajikan berbagai data pendidikan tentulah data/informasi yang termuat harus benar (valid).


Selain itu dengan hadirnya versi terbaru ini diharapkan segala permasalahan yang sering muncul seperti ketidak selarasan antara data kerusakan sarana prasarana yang dijumpai di lapangan dengan data yang terbaca dalam dapodik dapat diminimalisir. Karena data yang tersaji melalui dapodik turut memperngaruhi pengghitungan nilai kerusakan dan perencanaan anggaran rehab yang diperlukan. Kaitannya dengan data, dalam waktu dekat ini dapodik akan sangat berperan dalam PPDB dimana permasalahan klasik yang selama ini muncul terkait dengan input alamat tempat tinggal siswa dan penitikan.

Untuk itulah, hadirnya versi terbaru dari dapodik ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan mencegah hal-hal yang tidak perlu ditangani melalui penyajian data yang valid. Tentulah ini bukan hanya tanggungjawab operator dapodik saja melainkan perlu ditumbuhkan sinergi bersama kepala sekolah dan Dinas Pendidikan untuk mewujudkan potret pendidikan yang lebih baik. Salam satu data.

Komentar