PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS GURU PAUD DAN PENGEMBANGAN PROGRAM UNGGULAN SENI ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD PESISIR PANTAI SELATAN GUNUNGKIDUL.

SAPTOSARI - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Guru PAUD dan Pengembangan Program Unggulan Seni Anak Usia Dini di Lembaga PAUD Pesisir Pantai Selatan Gunungkidul. Kegiatan ini merupakan program kerjasama Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Hadir dalam kegiatan ini Bahron Rasyid, S.Pd MM selaku Kepala Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.P selaku Rektor UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd selaku Dekan FIP UNY, Joko Pamungkas, M.Pd selaku Kepala Prodi PAUD UNY, Nani Asyfiah, S.Sos. M.Si selaku Kepala Bidang PAUD dan PNF Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dan Jarwanti, S.Pd selaku Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang PAUD dan PNF Disdikpora Kabupaten Gunungkidul serta tamu undangan.

Bahron Rasyid, S.Pd MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gunungkidul perlu dihardirkan sebuah wahana pendidikan yang meningkat karena angka SDM Gunungkidul dilihat dari sisi pendidikan masih sangat rendah. Dengan adanya UNY di Gunungkidul diharapkan dapat meningkatkan angka lama pendidikan di Gunungkidul.

‘’Kerjasama ini akan kita lanjutkan tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi dari segala sektor kehidupan kita harus bersinergi dalam kebersamaan’’ Jelas Bahron, Selasa (04/08/2020).

Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.P dalam sambutannya menyampaikan bahwa fungsi guru terutama di PAUD adalah mengajarkan aktivitas langsung , ketika bersama anak baik dalam kegiatan fisik/olahraga dan seni harus diselipkan pendidikan karakter. Sutrisna menjelaskan bahwa seni adalah aktivitas langsung yang akan menjadikan anak bisa mengkreasikan dirinya.

‘’Seperti salah satu ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu Ngerti, Ngroso dan Nglakoni, saya berharap lebih banyak di Nglakoni, kita harus lebih banyak praktek langsung.’’ tambah Sutrisna.

Sutrisna berharap di akhir kegiatan ini harus ada output/hasil yang dapat dikembangkan dan disalurkan kepada anak didik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.P didampingi Bahron Rasyid, S.Pd MM , Dr. Sujarwo, M.Pd, dan Joko Pamungkas, M.Pd sebagai tanda dibukanya kegiatan pelatihan secara resmi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tanggal 4,5,6 Agustus 2020 ini bertempat di TK Negeri Saptosari. Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta yang dibagi 3 hari dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan.

Program kerjasama Disdikpora Kabupaten Gunungkidul dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini sudah berjalan 2 tahun dan diharapkan akan terus berjalan untuk tahun-tahun selanjutnya.

Komentar